Enam Menteri Pariwisata Kumpul di Borobudur

Sumber :

VIVAnews - Perhelatan 'Jejak-jejak Peradaban' atau Trail of Civilization untuk memeringati Hari Waisak akan digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 8 sampai 10 Mei 2009. Enam menteri pariwisata ASEAN akan berkumpul di Borobudur.

Menteri pariwisata Indonesia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos dan Thailand tak hanya menyaksikan namun juga membawa misi budaya dari negara masing-masing. Mereka juga akan menyampaikan hasil kesepakatan Deklarasi Borobudur, isinya antara lain; memperkuat kerjasama dalam melestarikan warisan peradaban dan membangun koridor peradaban demi menjaga perdamaian dan persahabatan antar bangsa.

Acara yang menurut rencana akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut akan disemarakkan dengan berbagai atraksi budaya dari enam negara dalam pentas seni dan parade serta pagelaran The Journey of Budha.

Menurut Menteri Pariwisata, Jero Wacik, warisan peradaban tersebut perlu diangkat ke permukaan. "Agar dunia mengetahui bahwa keenam negara anggota ASEAN itu memiliki jejak-jejak peradaban yang relatif sama dan perlu dikunjungi wisatawan regional maupun dunia," kata dia seperti dikutip laman Departemen Pariwisata, Rabu 22 April 2009.

Indonesia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Thailand mempunyai objek-objek peninggalan sejarah dan kebudayaan Buddha yang menyerupai seperti Borobudur (Indonesia), Luang Prabang (Laos), Angkor Watt (Kamboja), Ayuthaya (Thailand), Kwe, dan Bagan (Myanmar), dan Ocoe (Vietnam).