75, Angka Keramat Persipura

Sumber :

VIVAnews - Persipura Jayapura kokoh di puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 dengan koleksi 64 poin dari 28 laga. Untuk memastikan diri sebagai juara musim ini, tim Mutiara Hitam tak perlu menghabiskan seluruh laga tersisa.

Saat ini, Persipura masih menyisakan enam laga lagi. Empat di antaranya di kandang, yakni kontra PSM (7 Mei), Deltras (11 Mei), PSMS (8 Juni) dan Sriwijaya FC (13 Juni). Sedangkan dua sisanya adalah laga tandang, yakni lawan Persija (17 Mei) dan Persitara (8 Juni).

Bila Persipura berhasil mengamankan seluruh laga kandangnya dan melepas laga tandang, maka poin realistis Mutiara Hitam adalah 76 di akhir musim.

Dengan koleksi ini, Persipura hanya mungkin dikejar oleh Persib Bandung yang masih menyisakan 10 laga lagi. Itu juga dengan catatan Maung Bandung yang saat ini mengoleksi 48 poin tidak boleh kalah sekalipun di sisa pertandingannya.

Namun Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, punya penilaian lain. Dia berharap timnya tak perlu menyelesaikan seluruh laga yang tersisa. Sebab, kepastian juara sudah bisa mereka raih saat menjamu PSMS, 8 Juni mendatang.

Jacksen saat dihubungi oleh VIVAnews mengatakan, dengan mengantongi 75 poin, timnya sudah bisa memastikan gelar juara tahun ini. Artinya, untuk saat ini Persipura hanya butuh 11 poin lagi untuk mencapainya.

"Sejak awal saya sudah memperkirakan, 75 poin itu merupakan poin yang aman untuk mengembalikan trofi yang pernah mereka raih 2005 lalu. Dengan poin segitu, kami sudah sulit untuk dikejar oleh tim-tim lain," kata Jacksen, Senin 4 Mei 2009.

Dengan koleksi 75 poin, Persipura tinggal bersaing dengan Persib Bandung. Sebab, poin maksimal dua pesaing lainnya, Persiwa dan Persija hanya menyentuh angka 71 dan 74.

Persiwa saat ini mengantongi 54 poin dari 28 laga. Sedangkan Persija mengantongi 44 poin dari 24 laga. Untuk mencapai poin maksimal, kedua tim tidak boleh kalah di sisa pertandingannya.

"Bila skenario ini berjalan, maka kami hanya tinggal merayakan kemenangan saja saat bertemu Sriwijaya FC di partai terakhir. Mudah-mudahan Tuhan mendukung langkah Persipura," tutup Jacksen.