Robot Ikan Pendeteksi Polusi

Sumber :

VIVAnews - Para ilmuwan di London, Inggris, menciptakan robot berbentuk ikan. Robot ikan tersebut sengaja dibuat untuk mendeteksi polusi yang ada di laut.

Rencananya, robot ikan yang disimpan di London Aquarium itu akan mulai digunakan pada tahun 2011. Robot ikan itu bisa mendeteksi polusi dalam air laut karena dilengkapi dengan sensor kimia yang berukuran sangat kecil. Dengan sensor itu, ikan akan mengumpulkan polusi apa saja yang ada di laut kemudian mengirimkannya melalui transmiter untuk diteliti.

"Dalam tubuh robot ikan tersebut terdapat semacam laboratorium mini," kata Rory Doyle, salah satu peneliti.

Sensor yang terdapat pada robot ikan tersebut juga bisa mendeteksi kerusakan yang diakibatkan dari polusi. Robot yang dirancang dan dibuat oleh profesor Huosheng Hu dan timnya dari University of Essex, Inggris ini dipilih oleh Doyle untuk mengatasi pencemaran laut yang semakin parah setiap tahunnya.

Harga robot ikan ini sangat mahal yaitu 29.000 atau setara dengan Rp 319 juta. Saat ini tim pembuat robot masih menyempuranakan suara yang ditimbulkan oleh robot ikan agar tidak mengganggu hewan-hewan lain yang ada di laut.