Empat Komputer Baru Relion

Sumber :

Ada empat varian produk baru yang diluncurkan, mulai dari notebook dengan mobilitas tinggi, sampai PC yang hemat energi dan hemat harganya. Semua ditujukan untuk berbagai kalangan.

Untuk komputer desktop, Relion hadirkan dua produk, yakni Ares dan Adroid. Ares lebih ditujukan untuk user, sedangkan Adroid lebih pas untuk kalangan perusahaan yang mementingkan efisiensi penggunaan daya dan hemat ruang.

Adroid, komputer dengan casing dengan ukuran sekitar sepersepuluh ukuran casing PC desktop hanya mengonsumsi daya 60 watt saja. Untuk lebih menghemat energi, monitor LCD juga disiapkan. Untuk menekan harga, pada PC tersebut dibenamkan prosesor Intel Atom dan chipset 945GC yang memang menjadi inti sistem nettop. Produk sendiri dijual seharga 250 dolar AS, tanpa monitor, sedangkan Ares dilepas seharga 200 dolar.

Dua seri notebook yang dirilis adalah Enduro dan Adrena. Enduro ditujukan untuk pebisnis ataupun eksekutif yang membutuhkan produk portabel dengan layar berukuran cukup. Dengan keyboard berukuran full size, notebook ini memiliki layar berukuran 12 inci. “Notebook dengan layar 12 inci lebih ideal digunakan untuk bekerja dibandingkan dengan notebook berlayar 10 inci,” kata Djoenaidi Handojo, Direktur PT Berca Cakra Teknologi saat peluncuran produk di Jakarta, 18 November 2008. Menggunakan chipset dan prosesor VIA yang cukup bertenaga untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor, produk ini memiliki daya tarik dari sisi harganya yang terjangkau, yakni Rp 4,9 juta.

Produk kedua adalah seri Adrena. Notebook ini merupakan varian netbook pertama yang memiliki fasilitas integrated HSDPA atau modem 3,5G. Produk dengan prosesor Intel Atom N270 ini menggunakan harddisk Serial ATA 120GB dan DVD writer internal. Lebih lengkap dibanding netbook kompetitor yang beredar di pasaran. Fitur lain seperti finger print scanner, kamera 1,3 megapiksel dan konektivitas nirkabel sudah tersedia. Harganya sendiri di kisaran 750 dolar AS. 

Menurut Djunaidi Handoyo, Relion Adrena beserta PC desktop Ares merupakan andalan Berca untuk bersaing dengan pesaingnya di tahun 2009 mendatang. Relion sendiri di Indonesia menempati peringkat ketujuh untuk produk notebook serta peringkat kedua untuk PC lokal.