Lembaga Survei Perlu Diawasi

Sumber :

VIVAnews - Kredibilitas lembaga survei di Indonesia kembali dipertanyakan. Maka itu, diperlukan satu lembaga monitoring untuk memantau kegiatan dan hasil survei yang dikeluarkan lembaga-lembaga poling yang ada di Indonesia.
 
"Harus ada Media Rating Council atau MRC. Lembaga ini yang yakin mampu mengakreditasi dan memeriksa di lapangan langsung," ujar pakar komunikasi Universitas Indonesia, Effendi Ghazali dalam diskusi "Rating Publik Menuju Televisi Ramah Keluarga" di Hotel Sofyan Betawi, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Desember 2008.

Menurut Effendi, tren poling atau survei itu sebenarnya sudah ada sejak tahun 60-an di Amerika Serikat. Permasalahan dan perkembangan lembaga-lembaga survei, lanjut dia, baru muncul di tanah air saat ini.

"Nanti, lembaga MRC itu langsung memeriksa lembaga survei apakah memiliki validitas tinggi, metodologi baik dan kredibilitas. Jadi, diharapkan MRC ini dapat membantu poling-poling di Indonesia," ujar Effendi.

Presiden Yudhoyono sempat menyentil kredibilitas lembaga-lembaga poling di Indonesia. Meski tidak semua lembaga dinilai kredibel, Yudhoyono tetap mengamati hasil poling terutama yang berkaitan dengan kritik terhadap kinerja pemerintah.