Tim Sukses Sultan Evaluasi Dukungan Hari Ini

Sumber :

VIVAnews – Tim sukses calon presiden Sri Sultan Hamengkubuwono X akan menyampaikan evaluasi dukungan publik terhadap Sultan. Acaranya di Hotel Four Seasons, Jakarta,  Kamis 4 Desember 2008, pukul 10.00 WIB.

Tim sukses ini menamakan diri Tim Pelangi Perubahan. Masuk dalam tim itu antara lain pengamat politik Sukardi Rinakit, pemusik Franky Sahilatua, dan sutradara  Garin Nugroho.

Garin mengatakan, selama ini timnya berkeliling Indonesia menemui sebagian masyarakat. Tujuannya mendapatkan penilaian mereka terhadap pencalonan Sri Sultan menjadi presiden pada Pemilu Presiden 2009. “Setrum Sultan sangat luas,” katanya kepada VIVAnews.

Menurut Garin, dukungan kepada Sultan bukan hanya dari Pulau Jawa, tapi sebagian masyarakat Indonesia timur dan tengah. Misalnya datang dari Nusa Tenggara Timur, Toraja, dan Batam.

Garin mengatakan dukungan juga datang dari sebagian partai politik  peserta Pemilu 2009. “Meski dukungan itu memang masih personal,” katanya. Itu sebabnya, tim sukses juga berupaya menggalang koalisi partai politik supaya mendukung Sultan.

Raja Yogyakarta itu merupakan anggota Partai Golongan Karya (Golkar). Dia maju menjadi calon presiden mendapat dukungan organisasi sayap Partai Golkar, Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia. Belakangan, Sultan juga didukung Partai RepublikaN.