Direksi Mandiri Perkirakan BI Rate Tetap

Sumber :

VIVAnews - Direksi PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memperkirakan Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuan perbankan (BI rate) di kisaran 9,5 persen.

"Sepertinya, masih tertahan di level saat ini," kata Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu, 3 Desember 2008.
 
Menurut Agus, dengan situasi yang terjadi saat ini, mempertahankan tingkat suku bunga diyakini bisa mengendalikan inflasi. Sebab, hal itu membuat investor percaya untuk menanamkan dananya di dalam negeri dan melihat Indonesia masih sebagai tempat investasi yang aktraktif. 

"Untuk itu, kami pikir kalau tingkat bunganya dipertahankan tidak apa-apa, biar semua lebih stabil dulu," jelas Agus.

Sebelumnya, Bank Indonesia memberikan sinyal akan menurunkan suku bunga acuannya. Apalagi, inflasi November jauh menurun di level 0,12 persen dibandingkan Oktober yang masih 0,45 persen.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Miranda S Goeltom mengatakan, dalam kondisi harga komoditas dan inflasi yang turun merupakan hal mudah bagi bank sentral untuk menurunkan suku bunga. "Apa bulan ini, bulan depan, itu sesuatu yang niscaya, tinggal menunggu timing. Kita harus hati-hati, yakin, karena ini sesuatu untuk mencapai kestabilan jangka panjang," beber Miranda di Hotel Nikko, Jakarta, Rabu, 3 Desember 2008.

Redanya inflasi ke level yang semakin baik, kata dia, akan mendorong kemampuan BI menurunkan suku bunga pada saatnya sehingga ekonomi bisa bergerak lagi.