Layar Rusak, Apple Hadapi Tuntutan

Sumber :

Aram Hovsepian mengajukan gugatan sepanjang 13 halaman ke pengadilan Northern California minggu lalu. Ia mewakili dirinya dan “ribuan” pelanggan lain yang membeli produk iMac dengan “kerusakan fatal”.

Menurut gugatan itu, transistor yang rusak dan atau koneksi yang buruk mengakibatkan munculnya garis vertikal di layar. Hovsepian menduga Apple sudah mengetahui permasalahan ini dan menuduh mereka melakukan penipuan pada pelanggan karena menolak untuk mengatasi masalah tersebut.

“Apple gagal memperingatkan konsumennya seputar kerusakan desain dan produksi pada layar iMac,” tulis Hovsepian di gugatannya seperti dipublikasikan Apple Insider, Senin 5 Januari 2009. “Apple tidak melakukan apa-apa meski sudah mengetahui bahwa layar buatannya akan tidak berfungsi ketika pengguna membeli iMac, membuat banyaknya klaim garansi bermunculan akibat garis vertikal yang tampak di layar. Apple juga hanya menyediakan perbaikan di luar tanggungan garansi seputar masalah munculnya garis vertikal tersebut.”

Tim pengacara Hovsepian menuntut kompensasi akibat kerusakan dalam bentuk penggantian plus denda akibat kerusakan hardware, serta mengganti biaya pengacara serta pengeluaran lainnya. 

Pada gugatan tersebut juga disebutkan dugaan bahwa garansi satu tahun terhadap layar produk Apple yang bermasalah itu tidak valid dan tidak dilaksanakan.

“Apple telah bersalah menolak klaim garansi karena produk masih dalam masa garansi dan penyebab munculnya garis vertikal adalah karena kesalahan desain atau produksi,” sebut Hovsepian di gugatannya.

Pada gugatan hukum itu tidak disebutkan model iMac mana yang mengalami kerusakan, tetapi diindikasikan bahwa model yang mengalami masalah adalah yang dijual pada tahun 2006 dan 2008.