Balas Derby, United ke Final

Sumber :

VIVAnews - Manchester United akhirnya memastikan diri melaju ke partai puncak Piala Liga Inggris setelah menekuk klub Divisi Champions, Derby County, 4-2.

Kemangan ini sekaligus membalas kekalahan 1-0 di kandang Derby, Pride Park, tiga pekan silam. Gol kemenangan The Reds Devils dicetak oleh Nani, John O'Shea, Carlos Tevez dan Cristiano Ronaldo. Sedangkan gol balasan Derby di borong Giles Barnes.

Bermain di markasnya, Old Trafford, Rabu, 21 Januari 2009, tim besutan Sir Alex Ferguson bermain kesetanan. Andai United unggul 2-1, Derby tetap berhak melaju ke Wembley. Hal itu yang membuat Fergie meminta skuadnya bermain sempurna.

Namun, justru peluang terbaik pertama diperoleh tim tamu. Di menit 8, Kris Commons yang kebetulan juga menjadi pencetak gol di leg 1, sempat mengancam gawang United yang dikawal Ben Foster. Sayangnya, tendangan Commons masih melebar tipis.

United tak tinggal diam. Setelah beberapa kali gagal menembus pertahanan Derby, Nani akhirnya membuat publik tuan rumah bersorak. Winger asal Portugal itu berhasil mengecoh kiper Derby, Roy Carrol, di menit 16.

Unggul 1-0 tak lantas membuat Tevez cs mengendorkan serangan. Terbukti, United berhasil menggandakan keunggulan lewat gol O'Shea di menit 21. Kedudukan sementara 2-0 untuk United.

Tertinggal 2-0 membuat permainan tim besutan Nigel Clough mulai berantakan. Alhasil, United berhasil mencetak gol ketiga din menit 34 lewat sang striker, Tevez.

Tak terkawal di daerah pertahanan, Tevez berhasil melepaskan tandukan terarah ke gawang Carrol. Keunggulan 3-0 ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kendali permainan tetap dipegang The Red Devils. United terus menggempur pertahanan Derby yang digalang Andy Todd dan Martin Albrechtsen. Sayang, peluang yang diciptakan Ryan Giggs, Tevez dan Nani tak ada yang membuahkan hasil.

Justru Derby yang berhasil membuat kejutan di menit 80. Pelanggaran yang dilakukan Jonny Evans terhadap Paul Green berbuah penalti. Giles Barnes berhasil mengeksekusi penalti dengan sempurna dan merubah kedudukan menjadi 3-1.

Skor tak lama berubah. Kali ini giliran United yang memperoleh hadiah penalti. Aksi Carrol yang menjatuhkan Tevez di menit 89 berbuah derita. Ronaldo yang diturunkan Fergie sebagai pemain pengganti, berhasil membuat United unggul 4-1.

Namun, Derby kembali berhasil membuat respon bagus. Satu menit setelah gol penalti Ronaldo, Barnes kembali menjebol gawang Foster. Tendangan bebas gelandang Derby itu gagal diantisipasi FOster. Kedudukan akhir 4-2 buat United.

Kemungkinan besar, United akan bersua Tottenham Hotspur di partai final. Pasalnya, Spurs telah menabung tiga gol ke gawang Burnley di pertemuan pertama.