From Besuki to Washington

Sumber :

VIVAnews - Keceriaan dan kegembiraan mewarnai SDN 01 Menteng Jakarta Pusat, tempat Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah bersekolah. Memasuki gerbang sekolah akan disambut spanduk raksasa bergambar peta Indonesia dan Amerika.

"From Besuki to Washington" itulah tulisan yang tertera pada spanduk besar di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Januari 2009. Pada peta itu terdapat gambar papan penunjuk arah posisi dari Besuki ke Washington, Pennsylvania 1.600, tempat gedung putih berada.

Obama tercatat sebagai alumni tahun 1971 di sekolah yang dulu bernama SD Besuki itu. Memasuki koridor utama sekolah terdapat foto-foto masa kecil Obama dan kawan-kawan.

Obama terlihat sedang menghadiri ulang tahun seorang teman pada 2 Juni 1971. Ada pula pose Obama kecil sedang asyik duduk bersila dengan senyuman khas. Foto ketiga memperlihatkan Obama sedang mengambil posisi bersama rekan-rekannya. Sebanyak lima foto yang dipajang di koridor sekolah itu semua berwarna hitam putih.

Kedutaan Besar Amerika Serikat memang menggelar acara khusus di SDN 01 Menteng. Duta Besar Amerika Cameron Hume akan memimpin langsung selamatan untuk menghormati Persiden Amerika Serikat terpilih Barack Obama.

Obama pindah ke SD Besuki, Menteng, ketika duduk di kelas tiga. Sekolah ini berdiri pada 1934, sekolah yang dibangun Belanda. Hingga kini, bangunan gedung SD Besuki belum berubah. Menara cerobong asap di atap gedung menjadi ciri khas bangunan tua itu.

Sejak 2002, sekolah berganti nama menjadi SD Model Primary School, Sekolah Dasar Koalisi Regional Asia Tenggara. Yaitu sekolah kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara-negara Asia Tenggara.