Bugar Ala Barack Obama

Sumber :

VIVAnews – Tak hanya mencetak sejarah sebagai presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama. Barack Obama juga disebut-sebut sebagai presiden AS paling langsing, bugar, dan sehat.

Obama pernah dikritik terlalu kurus sebagai calon presiden AS. Badan yang terlalu kurus dianggap kurang segar dan memalukan. Namun anggapan tersebut mendapat bantahan dari berbagai ahli kesehatan.

Dengan tinggi badan 186 cm dan berat 82 kilogram, postur Obama dianggap sangat ideal dari segi penampilan maupun kesehatan. Indeks massa tubuhnya sekitar 24,4 dan tergolong ideal.

Penampilan yang ramping tapi bugar membuat Obama diharapkan akan membawa perubahan bagi AS yang mayoritas penduduknya mengalami masalah obesitas dari berbagai usia.

Bagaimana Obama menjaga tubuh tetap fit?

Menjadi Presiden AS dituntut untuk memiliki kesehatan tubuh prima. Padatnya jadwal tugas kenegaraan yang harus dijalani menuntut kondisi fisik dan mental yang kuat.

Olahraga adalah cara Obama menjaga kebugarannya. Menurut majalah Men’s Health, Obama melakukan fitness selama 45 menit, enam hari dalam sepekan. Olahraganya meliputi pola empat hari angkat beban dan dua hari aerobik. Obama berlari setiap hari. Ia juga melakukan berbagai latihan kardio untuk menguatkan jantung.

Selain itu, ia juga memberi contoh pola makan sehat. Obama mengonsumsi makan organik serta camilan buah dan sayur.

“Saya selalu menjaga kesehatan dengan olahraga. Alasan utama saya berolahraga adalah menjernihkan pikiran dan menyingkirkan stres saya,” ungkapnya pada Men’s Health. “Tekanan darah saya cukup baik dan saya berusaha memiliki pola makan sehat”.

Olahraga apa saja yang biasa dilakukan Obama?

Lari
Setiap hari Obama berlari sekitar 5 kilometer. Baik di alam bebas maupun di treadmill. Sebagai keturunan Afrika, ia memiliki fisik khas dengan otot-otot yang memberinya bakat alami sebagai pelari jarak jauh yang tangguh..

Basket
Olahraga bola basket sepertinya suah mendarah daging pada diri Obama. Bahkan di sela kesibukannya berkampanye, Obama selalu menyempatkan diri bermain basket.

Ia tercatat sebagai anggota tim basket sekolahnya Punahou School di Honolulu pada 1977. Hingga kini, ia tak pernah meninggalkan olahraga favoritnya itu.

Saat melakukan kunjungan ke Afghanistan, ia meluangkan waktu untuk bermain basket bersama para tentara AS yang bertugas di sana. Obama juga sempat melontarkan gurauan bahwa ia akan mengganti arena boling di Gedung Putih dengan lapangan basket.

Gym
Gym adalah tempat rekreasi favorit Obama. Tak heran ia sering disebut sebagai maniak gym. Sepanjang musim panas, ia biasa menghabiskan waktunya ke gym sehari tiga kali. Setiap kali ke gym, setidaknya ia berlatih selama 3 jam.

Mengurangi kebiasaan merokok

Namun satu hal yang masih mengganjal dalam pola hidup sehat Obama. Ia masih memiliki kebiasaan merokok. Meskipun tidak tergolong pecandu rokok, kebiasaannya tersebut tetap saja tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan itu juga selalu mendapat kritikan dari sang istri, Michele.

Obama pun telah berniat menghentikan kebiasaan merokoknya. Walaupun belum bisa menghilangkannya secara langsung, ia bertekad menguranginya secara bertahap.