NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Mahfud: Soal Dewan Pengawas KPK, akan Ada Kejutan

Selasa, 10 Desember 2019 | 22:21 WIB
Oleh : Syahrul Ansyari, Eduward Ambarita,
Foto :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menkopolhukam Mahfud MD memberi keterangan pers usai menggelar rapat terbatas

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, meyakini Presiden Jokowi telah memilih figur-figur yang tepat untuk mengisi posisi Dewan Pengawas KPK. Meski menuai kritik lantaran Dewan Pengawas KPK dipilih langsung oleh presiden, Mahfud menilai, Jokowi punya kriteria yang ketat dalam memilih pejabat pengawas di lembaga antikorupsi tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi menyebut telah merampungkan pemilihan sejumlah nama untuk duduk di Dewan Pengawas pada periode pimpinan KPK yang baru.

"Presiden kewenangan penuh sesuai undang-undang untuk pertama kali Dewan Pengawas itu diangkat oleh presiden, hak prerogatif," kata Mahfud di kantornya Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.

Mahfud pun mengatakan, ke depan, seleksi terhadap Dewan Pengawas KPK kemungkinan akan dibentuk panitia seleksi. Terhadap kekhawatiran publik soal keberadaan pengawas pilihan presiden, kata Mahfud, akan ada kejutan mengenai pilihan kepala negara nanti.

"Tapi nanti akan jadi kejutan bahwa dewan pengawasnya baik-baik," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi menyampaikan bahwa susunan Dewan Pengawas KPK empat tahun ke depan sudah dirampungkan pemilihannya. Keberadaan Dewan Pengawas KPK sendiri diatur dalam UU KPK yang baru. Namun, Jokowi tak merinci nama-nama anggota Dewan Pengawas.

"Sudah, tapi belum (bisa diumumkan)," kata dia, di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, hari ini. (ase)

Topik Terkait
Terbaru