Lomba Mewarnai Lampion

Sumber :

VIVAnews – Hari senin 25 Januari 2009 besok, teman-teman kita yang berasal dari etnis Tionghoa akan merayakan tahun baru Imlek.

Untuk menyambut hari raya itu, Mall Pacific Place di kawasan SCBD Jakarta, mengadakan lomba menghias lampion pada hari Minggu, 24 Januari 2009.

Nah, lomba itu diikuti oleh teman-teman kita yang berusia 5 hingga 8 tahun. Jumlah peserta lomba, lebih dari 20 anak.

Sebelum lomba berlangsung, mereka diberi lampion yang terbuat dari bambu dan kertas polos. Selain itu mereka juga diberi spidol, cat air dan dan kuas untuk mewarnai.

Setelah mendapatkan semua peralatan tersebut, mereka kemudian naik ke panggung lalu, menghias lampion-lampion yang telah disediakan.

Para peserta yang mengikuti lomba, sungguh kreatif. Ada yang menghias lampion dengan membuat gambar binatang, tanaman, serta hiasan-hiasan lainnya.

Misalnya saja Tasya, siswi kelas 4 dari SD Madani, yang mengikuti lomba. Ketika dijumpai VIVAnews, Tasya sedang asyik menggambar pemandangan pohon dan kupu-kupu pada lampionnya.

“Aku suka banget sama kupu-kupu, makanya aku buat gambar kupu-kupu di lampion,” ujar Tasya. Saking seriusnya menghias lampion, jari-jari Tasya jadi belepotan dengan warna-warni cat air.

Lain lagi dengan Joan, yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SD Damai Jakarta Barat. Joan lebih suka menggambar Naga dan tulisan China pada lampionnya.

Gambar naganya sangat besar dan berwarna hijau. Sementara tulisan Chinanya juga bukan tulisan biasa, tetapi memiliki arti. “Tulisan ini dibacanya Hok, artinya keberuntungan,” kata Joan sambil menunjuk ke tulisan yang ia buat pada lampion.

Setelah diberi waktu selama dua jam untuk menghias lampion, hasilnya kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh para juri. Ada dua hal yang dinilai oleh para juri. Yang pertama kreatifitas, dan kedua kerapihan.

Jika menang, para peserta akan mendapatkan hadiah yang sangat menarik. Juara satu akan mendapatkan permainan PLEO Dinosaurs seharga tujuh juta rupiah.

Adapun juara kedua mendapatkan uang sebesar dua juta rupiah, dan juara ketiga, mendapat uang sebesar lima ratus ribu rupiah. Hadiahnya sangat menarik, bukan?