Aura Seksi dalam Balutan Cheongsam

Sumber :

VIVAnews – Dunia fashion China memiliki gaya iconic yaitu busana cheongsam. Seperti halnya kebaya bagi orang Indonesia atau kimono pada wanita Jepang, cheongsam yang memiliki arti baju panjang ini demikian kuat melekat sebagai ciri khas wanita oriental China.

Cheongsam mencerminkan kesan seksi seorang wanita dalam balutan busana yang sopan tanpa harus terbuka. Baju yang panjang menutup tubuh dan kerah tinggi justru bisa menarik aura seksi pemakainya. Siluet tubuh terbentuk dari busana yang membalut tubuh dan kerah tingginya bisa memperlihatkan leher jenjang penggunanya.

Saat ini cheongsam telah dikenal luar dalam dunia fashion internasional. Desainer terkenal dunia seperti Versace dan Ralph Lauren pun pernah terinspirasi gaya busana ini.

Cheongsam masa kini hadir dalam berbagai potongan (cutting) yang makin variatif. Baik dari potongan panjang pakaian, bentuk kerah, bahan, motif,  dan sebagainya.

• Potongan
Dulu cheongsam tampil anggun dengan potongan rok hingga menyentuh mata kaki, kini panjang cheongsam lebih bervariasi. Ada yang panjangnya selutut hingga di atas lutut membentuk mini dress yang seksi.

Demikian pula bentuk lengannya, tak lagi hanya lengan panjang atau pendek. Banyak variasi cheongsam tanpa lengan bahkan dengan bentuk halter neck yang sangat seksi.

• Kerah
Kerah tinggi tetap menjadi ciri khas cheongsam. Tapi kancingnya tak hanya tertutup hingga ke leher saja. Anda bisa bereksperimen gaya dengan berbagai potongan kerah tinggi, baik yang simetris maupun yang asimetris.

• Bahan
Pada 1950-an, para wanita di China atau Hongkong mulai menggunakan berbagai bahan modern dari Eropa untuk membuat cheongsam. Mereka tidak lagi hanya menggunakan bahan katun, satin, atau silk saja. Tapi bahan-bahan seperti wol dan tweed juga mulai dipakai.

Sekarang ini, Anda bisa menggunakan bahan apa saja. Bahkan tak jarang bahan brokat atau lace digunakan untuk membuat busana perpaduan kebaya dan cheongsam.

• Motif
Bahan satin atau silk untuk busana China memiliki berbagai motif khusus, misalnya bunga, burung, dan sebagainya. Tapi cheongsam modern tampil dengan motif yang beragam sesuai dengan bahan yang digunakan. Misalnya garis-garis, polkadot, geometris, houndstooh, dan sebagainya.