Turis Asing Ikut Padati Klenteng di Bali

Sumber :

VIVAnews – Ribuan warga keturunan China memadati Klenteng Griya Kongco, Tanah Kilap, Denpasar Selatan, Bali, Senin 26 Januari 2009 mulai pagi hingga siang.

Tidak hanya dari masyarakat Bali, ratusan warga dari luar Bali yang kebetulan berlibur ini pun berharap perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Ketua Klenteng, Ida Bagus Adnyana atau yang kerap disapa Atu Mangku ini ada tradisi yang tetap dilestarikan hingga kini yaitu setiap umat yang datang diwajibkan menggunakan saput atau selendang yang diikatkan di bagian pinggang. Ini bertujuan untuk mengikat pikiran dan konsentrasi untuk bersujud pada Tuhan.

"Pikiran diikat untuk bersujud dan lupakan guna melupakan masalah duniawi," jelasnya. Tak hanya itu saja, di klenteng ini ada patung tujuh dewi yang menurut cerita jika berdoa maka permintaannya akan dikabulkan.

"Patung tujuh Dewi ini merupakan simbol mengurusi persoalan duniawi seperti jodoh, rumah tangga, karir. Lantaran hanya ada satu-satunya di Indonesia, maka banyak masyarakat yang datang untuk memanjatkan doa di tempat ini," pungkasnya.

Laporan : Wima Saraswati | Bali