Pidato 'Yoyo' Megawati Diracik Anak Muda

Sumber :

VIVAnews - Pidato 'Yoyo' Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merupakan yang kedua setelah 'Poco-poco'. Tapi, siapakah sosok di balik pidato Megawati yang terus mengkritik kinerja pemerintah dengan istilah dan perumpamaan itu.

"Yang buat itu adalah anak-anak muda," ujar politisi PDI Perjuangan yang juga mantan aktivis, Budiman Sujatmiko, dalam diskusi Uji Publik Visi Masa Depan Caleg Aktivis dan Kaum Muda, di Senen, Jakarta Pusat, Minggu 1 Februari 2009.

Kendati demikian Budiman enggan menyebutkan secara spesifik siapa pembuat pidato yang kontroversial itu. Budiman mengakui, pembuatan pidato yang menyindir kebijakan pemerintah soal kenaikan harga BBM ibarat Yoyo itu, tidak didampingi dengan konsultan bahasa. Megawati juga tidak memiliki konsultan khusus soal gaya bicara.

"Yang penting adalah substansi isi pidatonya," ujar Budiman Sujatmiko yang kini menjadi calon legislatif itu. Seperti diketahui, dalam pidato di Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan, Megawati menyentil kinerja pemerintah yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono.

Mendapat kritikan itu, kubu Yudhoyono, yang disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Andi Mallarangeng pun menjawab. Andi menilai, jurus yang digunakan Megawati tidak berubah sejak Pemilu 2004.