Calo di Samsat Kebon Nanas

Sumber :

Pelayanan terbaik yang dijanjikan petugas kepolisian masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat nyata saat saya mengurus perpanjangan STNK di Samsat Jakarta Timur di Kebon Nanas.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya tidak menemukan perbaikan dalam pelayanan perpanjangan SIM dan STNK. Berbagai spanduk dan tulisan terpampang di sekitar gedung Samsat menyebutkan pelayanan cepat dan bebas calon ternyata jauh dari kenyataan.

Puluhan calo bebas berkeliaran di dalam dan luar gedung. Mulai tempat parkir hingga tempat mengambil formulir, belasan calo tak henti-hentinya menawarkan jasanya. Dengan iming-iming akan selesai 30 menit, banyak warga yang akhirnya menyerahkan proses pengurusan kepada calo.

Saya mencoba tidak tergoda oleh rayuan calo. Saya ikuti proses dari awal, mengambil formulir, mengisi dan menyerahkan ke bagian registrasi. Dari situ sudah kelihatan bagaimana cara calo bekerja. Ia masuk melalui pintu samping dan langsung dilayani petugas-petugas di dalam. Layak saja kalau cepat.

Sementara kami yang antre di depan loket harus berdesak-desakkan dan menunggu antrean cukup lama. Dari menyerahkan formulir hingga dipanggil untuk membayar bisa membutuhkan waktu 2 jam. Lebih lama lagi menunggu dipanggil untuk menerima STNK yang sudah dilegalisir.

Saya jadi paham, pantas saja calo banyak dipilih karena melayani lebih cepat, meski dengan harga selangit.

Rameli
Jalan Perindustrian, nomor 1 Jakarta Timur.