224 Pohon Rawan Tumbang di Pangkas

Sumber :

VIVAnews - Untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang, Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan melakukan penopingan (pemangkasan) terhadap 244 pohon yang berpotensi tumbang.

Heru Bambang Ermanto, Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan mengatakan, pohon yang di pangkas umumnya adalah jenis pohon Angsana, Mahoni, Tanjung, serta Glodogan.
"Pohon-pohon itu menjadi prioritas untuk dipangkas karena rawan tumbang,"ujar Bambang seperti yang dikutip dari situs Pemerintah DKI Jakarta.

Pemangkasan antara lain dilakukan di Jalur Hijau seperti Jalan Hang Tuah Raya, Jalan Pakubuwono, Jalan Woltermongonsidi, Jalan Wijaya, Jalan Wijaya I, serta Jalan Cipaku I.

Sedangkan untuk Taman Kota, penopingan dilakukan di Taman Hang Jebat VII serta Taman Hang Tuah Raya. "Diameter penopingan antara 35 sampai 50 centimeter," ujar Bambang.

Wilayah Kebayoranlama, penopingan juga dilakukan di Jalan Tengku Nyak Arif Kebayoranbaru, di Jalan Leuser, serta Jalan Joko Sutono. Untuk wilayah Pasarminggu, pemangkasan dilakukan di Jalan Rawabambu, Jalan Siaga Raya, serta Jalan Kebagusan Raya. Sedangkan untuk wilayah Tebet, pemangkasan dilakukan di Jalan Prof Supomo.

Pemantauan serta pemangkasan terhadap pohon yang rawan tumbang akan akan tetap dilakukan hingga musim hujan berakhir.