Surya Paloh: Golkar Bentuk Tim Investigasi

Sumber :

VIVAnews - Partai Golkar menyatakan segera membentuk tim investigasi guna menyelidiki kematian Ketua DPR Sumut yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut, H Abdul Aziz Angkat.

"Saya pikir kejadian ini merupakan suatu keprihatinan bagi kita dan departemen pembelaan golkar dalam hal ini biro hukum saya bawa kemari untuk melakukan investigasi," kata Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar, Surya Paloh, di Medan, Selasa malam.

Dia menjelaskan, tim yang dibentuk itu nantinya akan menanyakan sejauhmana kesiapan pihak kepolisian dalam mentolelir terkait adanya demonstrasi yang begitu besar dengan pengawalan yang amat minim sekali.

Mereka akan menyelidiki kasus kematian itu sampai tuntas, termasuk memberikan bantuan hukum yang dibutuhkan oleh para keluarga almarhum karena itu merupakan kewajiban bagi setiap komponen partai berlambang pohon beringin itu.

Tim investigasi itu bekerja secara independen untuk mengumpulkan bukti-bukti penyebab kematian Ketua DPRD Sumut, namun jika dibutuhkan akan meminta bantuan pihak lain termasuk dari kepolisian setempat.

Namun semuanya itu dilakukan Golkar tidak dengan prasangka negatif terhadap pengusutan yang juga dilakukan oleh aparat penegak hukum setempat secara objektif sesuai fakta yang ada dan tindakan sebagaimana mestinya, melainkan sebagai laporan tersendiri untuk Golkar.

"Kami tetap yakin dan percaya bahwa aparat kepolisian pasti melakukan upaya-upaya invetigasi dan akan menempatkan kondisi yang objektif untuk mencari kebenaran atas peristiwa yang terjadi ini," ujarnya.

Di tempat yang sama perwakilan dari Biro Hukum DPP Partai Golkar, W Simanjuntak, menambahkan, setelah tim terbentuk dengan bantuan dari DPD Golkar Sumut maka pihaknya segera mempelajari sebab musabab kematian Sekretaris Partai Golkar Sumut itu.

"Kita akan turun ke lapangan dan kita pelajari peristiwa ini, termasuk kenapa dalam menyampaikan aspirasi itu harus dibarengi tindakan anarkis yang berujung pada kematian," katanya.

Tidak hanya Golkar, Komisi Hukum DPR membentuk tim investigasi mengusut insiden tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Azis Angkat, di tengah aksi unjuk rasa.

"Ini adalah penghinaan parlemen sebagai lembaga perwakilan rakyat," kata Anggota Komisi Hukum, Lukman Hakim Syaefuddin, kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu 4 Januari 2009. (tvone)