Israel Kembali Menyerang

Sumber :

VIVAnews - Israel kembali melancarkan serangan udara ke selatan Jalur Gaza untuk membalas roket yang meledak di wilayah mereka. Militer Israel menyatakan kelompok pejuang Palestina, Hamas, telah meluncurkan roket yang meledak dan menghancurkan sejumlah kendaraan di kota Ashkelon, pada Selasa, 3 Februari 2009.

"Saya harap Hamas tidak mempermainkan kami. Kami menjanjikan ketenangan di wilayah Selatan Gaza dan kami berusaha mempertahankan keadaan itu," kata Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak dalam sebuah konferensi pertahanan di Herzliya, seperti dilansir laman stasiun televisi Al Jazeera.

Roket yang ditembakkan Hamas itu merupakan senjata pertama yang meledak di sekitar kawasan Gaza sejak Israel dan Hamas masing-masing menyatakan gencatan senjata pada 17 Januari dan 18 Januari lalu.

Lebih dari 1.300 warga, sepertiganya perempuan dan anak-anak tewas dalam konflik bersenjata antara Israel dan Hamas di Gaza, yang dimulai akhir tahun lalu. Tiga belas warga Israel, tiga di antaranya warga sipil, meninggal dalam konflik yang berlangsung selama 22 hari itu.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa dan materi atas serangan udara ini. Israel kini juga menargetkan saluran-saluran penyelundupan senjata ilegal ke Jalur Gaza.

Sejumlah saksi mata mengatakan Israel menembakkan minimal tiga roket ke terowongan-terowongan penyelundup itu. Para saksi juga menyatakan sebuah basis militer Hamas di sekitar Khan Younis, juga di selatan Gaza, terkena roket.

Sebelumnya, tentara Israel telah meminta penduduk sipil meninggalkan wilayah itu.