Alvin Lie: Ada Human Error di Depo Plumpang

Sumber :

VIVAnews - Markas Besar Polri membeberkan penyebab terbakarnya Depo Pertamina Plumpang karena ada gesekan kaleng sampling di dalam tangki raksasa, yang menimbulkan percikan api. Siapa yang meninggalkan kaleng pengambil contoh itu di dalam tangki, polisi pun belum bisa memastikan. Apakah ada kesalahan manusia?

"Bagaimana itu bisa ada di dalam? Berarti ada yang tidak beres dengan sistem di Pertamina. Berarti ada human error, ada kecerobohan," ujar anggota Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat, Alvin Lie kepada VIVAnews melalui telepon, Kamis 5 Februari 2009.

Hasil investigasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang menguak fakta ada kaleng sampling minyak di dalam tangki. Keberadaan kaleng diduga kuat penyebab adanya percikan api yang menyebabkan tangki meledak.

Menurut Manajer Hubungan Eksternal Pertamina, Maruli Harahap, kaleng biasa digunakan tiap pagi pukul 05.00 WIB untuk mengambil contoh minyak. "Sulit katakan kenapa can (kaleng) sampling itu dalam tangki, biar polisi yang menyelidiki," kata dia di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009. Siapa yang bertanggungjawab atas kaleng itu? "Biasanya petugas can sampling," jawab Maruli.

Dengan adanya dugaan human error atau kesalahan manusia itulah, Alvin Lie mendesak polisi mengusut tuntas kebakaran yang merugikan sedikitnya Rp 15 miliar itu. "Sistem ini juga harus diperketat," ujar Alvin.