Australia Audit Pilot Garuda di Dalam Pesawat

Sumber :

VIVAnews - Garuda Indonesia saat ini sedang diaudit oleh tim dari Australia. Dalam proses audit, tim yang semuanya warga negara asing itu diizinkan masuk ke dalam ruang pilot atau kokpit dan ikut terbang kemanapun pesawat pergi.

"Ini sudah berlangsung selama dua bulan. Apa pentingnya mereka sampai ikut dalam kokpit. Apa yang diaudit? Itu kan suatu pelecehan terhadap sistem," ujar Ketua Kaukus Penerbangan Dewan Penerbangan Rakyat, Alvin Lie kepada VIVAnews melalui telepon, Kamis 5 Februari 2009.

Alvin sangat mempertanyakan sistem audit yang dilakukan Australia. Menurut politisi dari Partai Amanat Nasional ini, auditor asing itu seharusnya mengaudit sistem di Garuda, bukan cara kerja pilot yang dinilai sudah profesional.

"Ini berarti mereka (auditor asing) tidak percaya kepada lisensi sang pilot. Itu artinya, kerja pilot Garuda diragukan," ujar politisi yang hobi aerosport ini.

Alvin pun mendesak pemerintah terutama Departemen Perhubungan memberikan penjelasan. Apakah auditor asing itu memiliki sertifikasi mengaudit Garuda Indonesia hingga masuk ke dalam kokpit pesawat.