Kapolri Kantungi Calon Tunggal Kapolda Sumut

Sumber :

VIVAnews - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengaku sudah mengantungi satu nama calon Kepala Polda Sumatera Utara. Calon ini akan menggantikan posisi Irjen Nanan Sukarna.

Nanan akan dicopot menyusul insiden demo di Gedung DPRD Sumatera Utama yang menyebabkan tewasnya Ketua DPRD Abdul Aziz Angkat pada 3 Februari 2009 lalu.

"Kriterianya sudah ada, yang berpengalaman, yang pernah berpengalaman di daerah konflik yang tingkat kerawanannya tinggi," kata Bambang usai rapat kerja dengan Komisi III DPR, Senin 9 Februari 2009 malam. Rapat kerja itu berlangsung selama 12 jam sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Saat ditanya berapa calon yang disiapkan untuk menggantikan posisi Nanan, ia mengatakan, "Cuma satu." Namun Bambang menolak menyebutkan namanya, termasuk saat wartawan mengonfirmasikan apakah nama yang disiapkan  adalah Direktur I Bareskrim Mabes Polri Brigjen Badroddin Haiti yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah dan pernah menangani konflik di Poso. Bambang hanya tertawa.

Sementara Badroddin yang dikonfirmasi soal pencalonannya menolak memberikan komentar. Ia hanya diam saja ketika wartawan mencecarnya.