HP Workstation untuk Grafis Tingkat Tinggi

Sumber :

VIVAnews - Sejak tahun 1968, Hewlett Packard sudah menghadirkan perangkat komputer yang mendukung aktivitas komputasi kinerja tinggi, HP Workstation. Sampai saat ini, jajaran HP Workstation terus diperbarui untuk memenuhi kebutuhan pengguna profesional, khususnya yang membutuhkan kinerja grafis 2D/3D maksimum.

“HP sejak lama memahami kebutuhan para profesional ataupun perusahaan atas komputer yang mendukung aplikasi komputasi intensif,” kata Cynthia Defjan, Market Development Manager, Desktop Workstation, Personal Systems Group, HP Indonesia pada VIVAnews, di sela-sela workshop seputar penggunaan HP Workstation untuk wartawan, 12 Februari 2009. “Untuk itu kami menghadirkan HP Workstation, solusi berdesain inovatif dengan performa, keandalan, fleksibilitas, dan pengelolaan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.”

HP Workstation ditujukan bagi pengguna di bidang graphic arts, broadcasting, computer aided design, manufacturing, engineering, keuangan, serta eksplorasi migas. Untuk pengguna HP Workstation di Indonesia, 50 persennya adalah dari kalangan industri migas. Sisanya merupakan gabungan dari industri desain dan manufaktur, pembuatan konten digital, finansial, geografis, serta kantoran yang membutuhkan power system.

Adapun jajaran HP Workstation yang dihadirkan HP Indonesia antara lain adalah HP xw4600 Workstation, xw6600, xw 8600, dan xw9400 Workstation.

HP xw4600 hadir menggunakan konfigurasi single processor socket yang terjangkau, ditujukan untuk bisnis yang tengah berkembang. Seri xw6600, yang merupakan seri unggulan dari HP Indonesia karena menghadirkan komputasi bertenaga dalam form factor yang ringkas, kebisingan minimal dan ramah pengguna. Menurut Cynthia, seri ini banyak diminati kalangan industri musik dan finansial. 

Versi xw8600, seri high end menggunakan sistem Xeon dual socket ditujukan bagi pengguna di bidang engineering, pembuatan konten digital, video serta produksi multimedia lainnya. Adapun HP xw9400 yang menggunakan sistem dual socket Opteron ditujukan bagi sistem komputasi intensif bagi para ilmuwan, analis bisnis, engineer, desainer, dan seniman grafis.

Jajaran produk yang sudah tersedia sejak Oktober 2007 itu dapat diupgrade sesuai kebutuhan perusahaan yang menggunakannya. Adapun HP sendiri memperbarui jajaran produk workstation-nya, atau memiliki lifecycle selama 1,5 tahun. 

Produk-produk HP Workstation dilepas mulai dari harga 1.999 sampai 16.000 dolar AS, lengkap dengan sistem operasi, bundel lengkap software grafis Adobe terbaru, HP Performance Tuning, dan HP Remote Graphics Software.