Identitas Pelaku Pembakaran Terungkap

Sumber :

VIVAnews - Pengadilan di Melbourne, negara bagian Victoria, Australia, Senin 16 Februari 2009 mengungkapkan nama seorang terdakwa pelaku pembakaran hutan, yang menewaskan lebih dari 180 orang sepanjang pekan lalu. Pelaku bernama Brendan Sokaluk, berusia 39 tahun.

Sokaluk didakwa menyulut api di salah satu dari ratusan lokasi kebakaran di Australia bagian tenggara tanggal 7 Februari 2009 sehingga menghanguskan ratusan rumah dan membuat ribuan warga Victoria kehilangan temmpat tinggal.

Tadinya, Sokaluk harus hadir di sidang pengadilan hari ini. Namun, mengingat ruang pengadilan penuh oleh massa dan mempertimbangkan keselamatannya, si terdakwa memilih absen dan lebih suka meringkuk di dalam penjara. Pihak keamanan juga meminta masyarakat untuk tidak mengincar dan mencoba menyerang Sokaluk.

Sokaluk ditangkap Jumat pekan lalu, 13 Februari 2009, dan langsung didakwa melakukan pembakaran yang menimbulkan korban jiwa dan menyulut kebakaran hutan secara besar-besaran di kota Churchill. Dia terancam hukuman penjara selama 25 tahun untuk tuduhan pertama dan 15 tahun untuk tuduhan kedua.

Tak hanya itu, dia juga didakwa memiliki materi pornografi anak sehingga bisa mendapat tambahan hukuman penjara selama lima tahun.

Sementara itu, Kepolisian Victoria hari ini memastikan bahwa jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan bertambah delapan menjadi 189 jiwa. Jumlah korban tewas bisa bertambah karena tim forensik masih mengidentifikasi benda-benda yang kemungkinan adalah jasad korban di lokasi kebakaran. (AP)