Di Hari Kasih Sayang, Bedil Ditukar Kembang

Sumber :

VIVAnews - "Guns for Roses." Ini sama sekali bukan nama grup musik cadas legendaris, melainkan nama kampanye yang dijalankan kepolisian negara bagian South Carolina, Amerika Serikat, pada "Hari Kasih Sayang" atau Valentine Sabtu pekan lalu.

Kampanye itu khusus bagi warga yang masih menyimpan senjata api. Bila yang bersangkutan bersedia menyerahkan senjatanya, polisi memberi bunga mawar beserta kupon belanja (voucer) yang nilainya variatif, tergantung tipe senjata.

Bila warga menyerahkan sepucuk senjata api tipe pistol, polisi memberi voucer senilai US$100. Sedangkan yang tipe rifle atau shotgun dihargai US$50 per pucuk.

Program itu ternyata mengundang sambutan yang besar. Di sebuah gedung gereja di kota Columbia, lima mobil sudah antre sebelum kampanye dimulai. Di akhir program, polisi Columbia menerima 191 pucuk senjata, sedangkan polisi di kota Sumter mengamankan 32 pucuk. 

"Ada seseorang yang sampai menyerahkan enam pucuk handgun, maka kami beri dia voucer US$600," kata juru bicara Sherrif Richland county, Letnan Chris Cowan. Namun, Cowan tidak mengungkapkan berapa banyak dana yang dikeluarkan pihaknya untuk membeli senjata dari warga. Sedangkan Kepala Polisi Kota Sumter, Patty Patterson, pihaknya telah menggelontorkan dana US$550 untuk senapan laras panjang dan US$2.100 untuk pistol.

Selanjutnya, polisi memeriksa semua senjata yang ditukar warga dengan kupon. Bila ada senjata yang pernah digunakan untuk tindak kejahatan, polisi tinggal mencokok bekas pemiliknya.   
 
Lalu, apakah para pemilik senjata suka dengan mawar yang polisi berikan? "Banyak yang ambil kok," kata Cowan. (AP)