Kalla Bantah Golkar Retak karena Isu Capres

Sumber :

VIVAnews - Terbentuknya kubu-kubu di dalam tubuh Partai Golkar tidak ditanggapi serius sang Ketua Umum. Kondisi itu justru dianggap sebagai perbedaan pendapat yang masih dalam batas kewajaran.

"Tidak bisa setiap beda pendapat dianggap melawan," kata Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla dalam jumpa pers di Kantor Pusat Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 18 Februari 2009.

Menurut Kalla, dalam iklim demokrasi seperti ini tidak bisa semua perbedaan dianggap sebagai potensi perpecahan. Karena kondisi itu hanya terjadi di saat zaman otoriter. Dan itu sudah lewat masanya.

"Kalau masih berpikir begitu, itu otoriter," ujar Kalla. Maka itu, Kalla menilai siapa saja bebas memiliki perbedaan pendapat. Sekalipun itu berbeda pandangan dengan sang Ketua Umum.

Isu keretakan itu dipicu adanya kabar gesekan antara Partai Demokrat dengan Golkar. Yang artinya, Kalla digadang-gadang untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Tidak lagi sebagai pasangan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sekarang ini bisa saja berbeda pandangan. Tapi pada akhirnya, setelah kita setujui dan diproses dalam internal partai maka itu akan menjadi satu," tegas Kalla. Pernyataan Kalla ini menjawab pertanyaan wartawan soal isu keretakan di dalam tubuh Partai Beringin.