Konser di UI Dilarang, Kasum Gelar Rapat

Sumber :

VIVAnews - Konser 'Tribute to Munir' yang rencananya dilaksanakan di Universitas Indonesia batal dilakukan. Penyebabnya datang dari pihak rektorat kampus kuning itu.

"Dilarang oleh pihak rektorat," kata Istri Munir, Suciwati kepada VIVAnews, Kamis 19 Februari 2009.

Suci mengaku kecewa, namun ibu dua anak ini tak bisa berkomentar banyak. "Saya sekarang sedang rapat. Ini sedang dirapatkan," kata Suciwati.

Suci berpendapat pelarangan itu merupakan sebuah kemunduran bagi UI, yang merupakan representasi Indonesia di mata dunia dan selama ini. Alasan pelarangan, tambah dia, tidak jelas dan cenderung mengada-ada. 

Ajang pertunjukan musik Munir di UI diorganisir oleh UKM Radio RTC UI berkolaborasi dengan KBR68H dan Kasum. Rencananya akan diselenggarakan Jum'at 20 Februari 2009 di lapangan parkir Fisip UI. Larangan datang mendadak. Hanya 4 hari sebelum konser berlangsung. Alasannya, bermacam-macam, dari soal teknis, khawatir bakal rusuh, hingga kecurigaan konser ini membawa pesan politik dan bisa berakibat negatif bagi UI. Rektorat minta supaya konser diundur tanggal 10 Desember 2009.

"Unsur politisnya dimana? Lha wong cuma main musik dan nyanyi-nyanyi," ujar Direktur Radio KBR68H, Heru Hendratmoko dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Kamis 19 Februari.

Konser Munir sudah berlangsung di 3 kampus. Yakni UGM Yogya, Mercu Buana Jakarta dan kampus Brawijaya Malang. Semuanya berjalan lancar dan tanpa masalah.