Opera Tingkatkan Kecepatan Jelajah

Sumber :

VIVAnews - Melihat pertumbuhan Opera Mini yang mencapai 463 persen, Opera Software berencana meningkatkan kecepatan browsing via teknologi server dengan Opera Turbo.

Software ini ditawarkan Opera Software kepada operator-operator selular 3G dan vendor ponsel yang ingin mengoptimalisasi bandwidth untuk kemampuan browsing penggunanya di seluruh dunia.

“Kini kita hidup di tengah era digital di mana semua orang kapanpun dan di manapun secara universal ingin tetap terakses dengan dunia luar,” kata CEO Opera Jon Von Tetzchner dalam pernyataannya yang dikutip VIVAnews dari InformationWeek, 20 Februari 2009. “Hal itu menginspirasi kami untuk mengembangkan software ini untuk para pengguna Opera seiring melonjaknya pertumbuhan ponsel di seluruh dunia,” ucapnya. 

Kabarnya, dengan Opera Turbo, kemampuan teknologi Web bisa mengkompres trafik hingga 80 persen, seperti teknologi berbasis Ajax dan Flash. Artinya, dengan software ini, Opera akan mengutilisasi server tanpa perlu investasi tambahan pada jaringan.

Saat ini Opera Mini menjadi browser mobile yang memiliki pangsa terluas di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 20 juta user. Opera Mini dapat dinikmati di berbagai macam perangkat, termasuk BlackBerry dan seluruh ponsel berbasis Windows Mobile.

Opera Mini bekerja di atas platform Java ME dengan render halaman Web melalui server Opera sebelum ditampilkan ke ponsel user. “Hal ini tentu saja mengurangi kecepatan browsing pada ponsel user. Itulah yang melatarbelakangi kami untuk mengembangkan Opera Turbo,” kata Von Tetzchner.

Pertumbuhan ponsel yang mendukung aktivitas browsing Web disinyalir akan semakin pesat pada tahun-tahun mendatang. Tren ini mendorong pasar browser mobile semakin kompetitif. Menyambut era tersebut, Opera siap berkompetisi dengan Internet Explorer dan Safari dengan bermodalkan Opera Turbo.

Sebelum Opera, Startup Skyfire menggunakan metode yang sama dalam mengantarkan Flash dan teknologi Web lainnya ke dalam ponsel pintar, bahkan sekarang sudah mampu mengadopsi fitur jejaring sosial. Sementara Firefox kabarnya masih mempersiapkan browser mobile mereka.

Di sisi browser komputer desktop, Opera juga dalam tahap mengoptimalkan kecepatan browsernya ketika menangani skrip-skrip Java.