Google Android Akan Perkuat EeePC

Sumber :

VIVAnews - Asustek Computer Inc., produsen yang memprakarsai segmen laptop mini seharga di bawah 500 dolar, rencananya akan memanfaatkan sistem operasi Android buatan Google. Bila terealisir, notebook low-cost mereka nantinya akan menantang dominasi sistem operasi Windows milik Microsoft di pasar netbook.

“Asustek telah mengumpulkan sejumlah engineer untuk mengembangkan netbook berbasis Android,” kata Samson Hu, General Manager of the Eee PC, ASUSTeK Computer Inc., seperti VIVAnews kutip dari Bloomberg, 20 Februari 2009. “Meski begitu, Asustek belum memutuskan apakah akan terus melanjutkan proyek tersebut sampai produk tersebut selesai karena semua masih dalam tahap pengembangan,” ucapnya.

Notebook dengan sistem operasi Android akan memperkuat posisi Google terhadap Microsoft di pasar software untuk menjalankan komputer. Saat ini, posisinya adalah Windows menguasai lebih dari 90 persen pasar.

Netbook sendiri merupakan laptop yang diminimalisir yang menawarkan fungsi email dan internet sederhana. Akan tetapi, segmen komputer ini merupakan segmen yang memiliki pertumbuhan paling cepat di industri komputer. Tahun ini saja, penjualan netbook diperkirakan akan berlipat ganda meskipun pasar secara keseluruhan menurun.

“Dengan kekuatan yang dimiliki Google di belakangnya, Android bisa benar-benar menantang dan mencuri pangsa pasar Microsoft,” kata Calvin Huang, analis industri komputer dari Daiwa Securities Group Inc. asal Taiwan. “Kelebihan Android adalah lisensinya yang gratis, dan Anda bisa menggunakan prosesor berspesifikasi rendah dan lebih murah,” ucapnya.