Busway Bikin Macet, Foke Minta Warga Mengerti

Sumber :

VIVAnews - Bus Transjakarta di koridor VIII diperkirakan akan memicu kemacetan di kawasan jalur Lebak Bulus - Harmoni. Namun Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, warga Jakarta harus lebih mementingkan kepentingan umum ketimbang pribadi.

"Saya harap warga mengerti. Sebab ada hal yang perlu dikedepankan. Ini bagian dari konsekuensi yang harus dipilihm" kata Fauzi Bowo saat konferensi pers di Pondok Indah Mal II, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 Februari 2009.

Menurut Fauzi Bowo, untuk menyempurnakan pengoperasian busway tidak mudah. "Perlu disempurnakan terus," kata Fauzi Bowo.

Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta, Daryati Asrining Rini mengatakan, dalam waktu satu hari bus Transjakarta koridor VII bisa mengangkut 12 ribu penumpang. "Satu armada bisa menempuh 5-6 rit," katanya.

Pelaksanaan koridor VIII sudah menghabiskan Rp 103 miliar. Dana itu untuk membangun sarana seperti halte, jembatan penyeberangan dan rambu-rambu jalan.

Pantauan VIVAnews, animo masyarakat cukup tinggi. Sekitar pukul 11.30 WIB sudah banyak yang antre tiket, padahal baru dibuka pada pukul 13.00 WIB.

"Hari ini full 25 bus akan melayani penumpang sampai halte transit di Indosiar dan Jelambar. Selanjutnya akan dilayani armada koridor III yang akan menuju Harmoni.