18 Penghargaan CSR Awards untuk Bakrie Grup

Sumber :

VIVAnews - Kelompok usaha Bakrie Grup memborong sedikitnya 18 penghargaan CSR Awards dari berbagai kategori yang diadakan oleh Departemen Sosial bekerjasama dengan Corporate Forum for Community Development (CFCD).

Penyerahan CSR Awards 2008 dilakukan oleh Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah di Hotel Ritz Carlton Pasific Place, SCBD, Jakarta, Senin, 23 Februari 2009. Hadir Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, Dirjen Depsos Gunawan Sumodiningrat, para CEO berbagai perusahaan, kalangan akademisi dan praktisi.

Dari penghargaan berbagai kategori ini, Bakrie Sumatera Plantation memperoleh penghargaan terbanyak. Antara lain memperoleh Grand Silver dibidang sosial, ekonomi dan lingkungan.  Juga terbaik I kategori ekonomi, terbaik II bidang sosial, dan kategori terbaik dibidang kategori lainnya.

Perusahaan lain yang mendapat CSR Awards 2008 ini, antara lain PT Telkom, PT Arutmin,  PT Bakrieland Development,  PT Adaro Indonesia, PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT HM Sampoerna, PT Indocement Tunggal Prakarsa, PT Kaltim Prima Coal, PT Kondur dan lain-lain.

PT Bakrie Sumatera Plantation memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai kategori karena dinilai berhasil membangun kemitraan dengan warga setempat. "Kemitraan bernama Inti Plasma ini sudah menampakkan hasil. Baik yang di Jambi, Sumatera Barat maupun Sumatera Utara," kata Presiden Direktur Bakrie Sumatera Plantation Ambono Janurianto.

Ketua CFCD Thendri Supriatno mengatakan penghargaan CSR Awards ke kalangan perusahaan merupakan wujud apresiasi masyarakat terhadap mereka yang menjalankan tanggungjawab sosialnya. "Di masa yang akan datang diharapkan korporat makin berperan besar dalam keterlibatan pembangunan masyarakat," katanya.

Arie Sudewo salah satu dewan juri menyatakan penilaian utama yang dilakukan dewan juri, perusahaan tersebut mempunyai manfaat bagi masyarakat sekitar. "Jadi tidak hanya mengambil manfaat, tetapi rakyat ikut merasakan langsung manfaatnya," katanya.

Dia mencontohkan Telkom Sumatera Utara yang membangun jaringan internet gratis bagi masyarakat, sehingga warga memperoleh informasi yang dibutuhkan. "Internet gratis dan internet masuk sekolah menjadi salah satu acuan kami, sehingga layak mendapatkan penghargaan emas (gold) bidang sosial, ekonomi dan lingkungan," tambahnya.