Artikel Wikipedia Indonesia Tembus 100 Ribu

Sumber :

VIVAnews -- Ensiklopedia online Wikipedia, hingga kini telah menyiarkan lebih dari 100 ribu halaman artikel versi bahasa Indonesianya.

Demikian diungkapkan oleh pengelola Wikipedia Wikimedia Indonesia, lewat rilis yang diterima VIVAnews Senin 23 Februari 2009.

Artikel Wikipedia versi Indonesia yang ke-100.000 adalah artikel berjudul "Luck By Chance", judul sebuah film Bollywood. Artikel yang dibuat pada pukul 14.57 WIB, tanggal 21 Januari 2009 itu ditulis oleh seorang pengguna anonim.

Seperti halaman-halaman wiki lainnya, Artikel-artikel pada situs web Wikipedia dibuat dan disunting oleh para sukarelawan, baik yang menggunakan nama maya maupun yang memilih anonim (tak menyebutkan nama). Hingga kini, Wikipedia Indonesia memiliki sekitar 50 sukarelawan yang merupakan pengguna aktif.

Selain versi bahasa Indonesia, Wikipedia juga telah menyediakan beragam artikel dalam bahasa daerah, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Kini, sudah ada lebih dari 16.897 artikel Wikipedia Bahasa Jawa, dan 14.354 artikel Bahasa Sunda .

Dengan jumlah artikel yang semakin banyak, posisi Wikipedia Indonesia kini menduduki peringkat ke-25 dari total 265 proyek ensiklopedia bebas, dari berbagai bahasa yang dikelola Wikimedia Foundation.

Peringkat ini mengalami peningkatan pesat, mengingat pada awal 2004, Wikipedia Indonesia menduduki peringkat ke-50 di dunia, bila ditinjau dari banyaknya artikel. padahal, Wikipedia bahasa Indonesia baru dimulai sejak bulan Mei 2003

Namun demikian dengan koleksi 100.000 artikel, Wikipedia Indonesia masih ketinggalan dengan versi-versi Wikipedia besar lain di dunia, semisal bahasa Inggris (lebih dari dua juta artikel), serta negara-negara maju yang telah memiliki lebih dari seratus ribu artikel terlebih dulu, seperti Jerman, Italia, atau Jepang.