NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Kesulitan Pemerintah Selamatkan WNI di Wuhan China

Senin, 27 Januari 2020 | 21:29 WIB
Oleh : Syahrul Ansyari, Foe Peace Simbolon,
Foto :
  • tvOne
Situasi lengang jalanan di kota Wuhan, China, dalam isolasi akibat wabah virus corona.

VIVAnews - Kementerian Kesehatan mengaku prosedur mengevakuasi Warga Negara Indonesia atau WNI dari Provinsi Hubei, China, prosedurnya tidaklah mudah.

Bersama dengan Kementerian Luar Negeri, pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi. Tetapi, hingga kini hal tersebut belum bisa dilakukan. Hal itu dibenarkan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihartono.

"Rencana kontinjensinya sudah dilakukan, namun saat ini kita tidak bisa bawa orang keluar, kita baru menyiapkan rencana langkah," kata dia di kantor Kemenkes, Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Dia menjelaskan, WNI yang terjebak di daerah terpapar virus corona di China, harus menjalani karantina berupa inkubasi dan observasi oleh Dinas Kesehatan Tiongkok. Hal tersebut dilakukan selama satu sampai 14 hari.

Karantina tersebut dilakukan, guna meyakinkan kalau WNI yang dievakuasi tak menyebar virus saat penerbangan. Setibanya di Indonesia, WNI itu juga harus dikarantina lagi. Masa karantina itu sama dengan Tiongkok. Setidaknya, butuh waktu sebelum mereka kembali bisa berinteraksi dengan orang lain lagi.

"Kita lakukan itu sampai negatif semua, baru boleh cerita dia bertemu masyarakat dan lainnya," katanya. (asp)

Topik Terkait
Terbaru