Tiga dari 10 Wanita Alami Kekerasan Seksual

Sumber :

VIVAnews - Ketua Pengurus Mitra Perempuan WCC Rita Serena Kolibonso mengatakan  sembilan dari dari 10 perempuan mengalami lebih dari satu bentuk kekerasan.

Menurut Rita kekerasan yang dialami perempuan itu berdampak pada kesehatan jiwa. "Tiga diantaranya mengalami kekerasan seksual," kata dia dalam rilisnya yang diterima VIVAnews, Senin 23 Februari 2009.

Hari ini, Layanan Women Crisis Center Mitra Perempuan meluncurkan panduan praktis akses korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga ke Pengadilan.

Dari total 275 perempuan yang yang ditangani WCC Mitra Perempuan, kata Rita, 32 persen mencari meminta bantuan keluarga untuk menyelesaikan masalah kekerasan yang dialaminya. "Perempuan yang mencari pelayanan hukum 24,37 persen dan pelayanan kesehatan sebanyak 16,48 persen," jelasnya.

Ia merasa prihatin karena masih ada perempuan yang tidak mencari solusi dan mendiamkan masalah kekerasan yang dialami. Jumlah itu, kata dia, sebanyak 13,26 persen.

Ia menambahkan, enam persen perempuan yang didampingi Mitra Perempuan adalah anak-anak perempuan yang mengalami kekerasan seksual dan penelantaran. Mayoritas dari kasus itu, kata dia, pelakunya adalah suami. "82 persen dari 275," ujarnya.

Ia berharap panduan itu dapat memudahkan korban kekerasan mendapatkan bantuan dari negara.