NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Pemerintah Minta WNI yang di China Tak Berhubungan dengan Hewan

Senin, 27 Januari 2020 | 21:43 WIB
Oleh : Syahrul Ansyari, Foe Peace Simbolon,
Foto :
  • VIVAnews / Dani Randi (Banda Aceh)
Mahasiswa asal Aceh di Wuhan China

VIVAnews - Merujuk Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO, Kementerian Kesehatan menyebut hingga kini belum diketahui cara pasti cara penularan virus corona yang mewabah di negeri China.

Dugaan sementara, virus berasal dari hewan. Maka dari itu, Kemenkes minta masyarakat Indonesia yang masih ada di China, tidak kontak langsung dengan hewan yang ada di sana.

"Sampai saat ini, penularan yang sesungguhnya belum diketahui," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihartono di kantor Kemenkes, Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Dia menjelaskan, belum ada temuan virus corona menular karena sesorang memakai pakaian juga mengonsumsi makanan impor dari sana, sebelum kasus ini muncul dipermukaan. Penularan sejauh ini lewat kontak langsung seperti lewat omongan jarak dekat dan udara.

"Tidak ada ceritanya makanan, pakaian asal Tiongkok, berkemungkinan menularkan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya mendorong masyarakat apabila sakit batuk bisa menggunakan masker.

Anung menambahkan, pada dasarnya infeksi virus dalam pengertian umum sesuatu yang bisa sembuh sendiri sepanjang daya tahan tubuh baik. Karena belum ada obat menyembuhkan, masyarakat diminta bisa hidup sehat.

"Kalau batuk, silahkan pakai masker. Orang batuk gunakan etika batuk masker, saputangan atau tisu," ucapnya. (asp)

Topik Terkait
Terbaru