Komet Lulin Mendekati Bumi

Sumber :

VIVAnews - Komet adalah salah satu benda langit yang sering ditunggu kemunculannya karena terlihat sangat indah. Kita juga sering menyebut komet sebagai bintang jatuh atau bintang berekor.

Komet berbentuk seperti bola salju yang terbuat dari gas dan debu-debu angkasa. Ada berbagai macam jenis komet seperti komet Halley yang muncul setiap 76 tahun sekali, komet West, komet Encke yang muncul tiga tahun sekali, komet Hyakutake, komet Hale-Bopp dan lain-lain.

Komet yang saat ini orbitnya paling dekat dengan bumi adalah komet Lulin. Komet Lulin ditemukan pada 11 Juli 2007 oleh seorang mahasiswa Universitas Sun Yat Sen, China, bernama Quanzhi Ye.

Komet ini memiliki warna yang sangat indah. "Warna komet Lulin sangat cerah dan kehijauan," kata Michael Fauerbach, seorang profesor Fisika Astronomi dari Universitas Florida Gulf Coast.

Warna hijau pada komet Lulin berasal dari gas cyanogen dan diatomic karbon yang berwarna hijau.

Hari ini, diperkirakan komet Lulin mencapai jarak terdekatnya dengan bumi yaitu 38 juta mil atau sekitar 61 juta kilometer. Kita bisa melihat komet ini dengan mata telanjang pada pukul 03.00 WIB. Saat itulah komet Lulin terlihat paling cemerlang. Wah, jadi penasaran ya.

"Karena sangat dekat dengan bumi, seharusnya Lulin menjadi komet paling terang. Tetapi hal itu tergantung lokasi kita saat melihatnya. Jika melihat dari daerah pedesaan Lulin akan terlihat sangat terang," kata Rich Talcott, seorang pemimpin redaksi majalah Astronomy.

Tapi jika ingin melihatnya lebih jelas, kalian harus menggunakan bantuan teropong bintang atau teleskop.