Jangan Anggap Remeh Caleg Artis

Sumber :

 VIVAnews - Masuknya sejumlah artis dalam bursa calon anggota legislatif menjadi warna tersendiri pada pemilu 2009. Selain itu, artis dinilai akan membawa perubahan di tengah apatisme seorang politisi.
 
"Ada modal yang saya bawa, saya ingin ada angin segar. Jangan lihat kami dari kacamata yang berbeda," kata artis yang juga calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional, Raslina Rasyidin, dalam diskusi 'Popularitas vs Kualitas' di Gedung Joang 45 Jakarta, Selasa 4 Maret 2009.
 
Menurut Pemeran Utama Wanita Terbaik FSI 1999, meski latar belakangnya selama ini dari dunia artis, dirinya yakin mempunyai strategi khusus untuk menjadi anggota Dewan. Caranya, lanjut Raslina, dengan membangun sosialisasi sampai ketingkat akar bawah.
 
Sedangkan Pengamat Parlemen, Sebastian Salang mengatakan, majunya artis dalam pemilu 2009 merupakan hak individu setiap warga negara Indonesia. Dengan demikian masyarakat disuguhi banyak ruang untuk menentukan wakilnya di parlemen.
 
Sebenarnya, menurut Salang, yang perlu dipersoalkan adalah bukan masuknya artis, namun kurangnya pendidikan politik yang dilakukan oleh partai politik menjelang pemilu. "Tidak ada informasi dari parpol bagaimana memilih pemimpin yang tepat," kata Salang.
 
Dengan demikian, dalam pelaksanaan pemilu demokrasi di Indonesia menjadi demokrasi transaksional. "Demokrasi bukan lagi sarana penghargaan, sekarang sudah menjadi sarana transaksional," terang dia.