Tekuk PSIS, Deltras Jauhi Zona Degradasi

Sumber :

VIVAnews - Deltras Sidoarjo untuk sementara menjauh dari zona degradasi setelah berhasil mengalahkan PSIS Semarang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu, 7 Maret 2009. Pada pertandingan ini Deltras unggul 2-1 atas PSIS.

Pada pertandingan yang disiarkan langsung antv itu, tuan rumah sempat tertinggal lewat gol pemain PSIS, Basile Onambele, menit ke-11. Deltras akhirnya berhasil mengejar lewat dua gol yang dicetak oleh Junior menit 31' dan M Kusen menit ke-34.

Berkat kemenangan ini, Deltras untuk sementara menjauh dari zona degradasi dengan koleksi 18 poin dari 22 kali penampilan. Pasukan M Zein Alhadad menggusur Persita dari urutan ke-14. Meski punya poin yang sama, Deltras unggul dalam agregat gol.

PSIS sendiri harus menerima kenyataan berada di urutan paling buncit. Dengan koleksi 15 poin dari 22 kali penampilan, Mahesa Jenar harus melorot setingkat dan menggantikan tempat Deltras.

Di babak pertama,Deltras sempat tertinggal lebih dulu. Gol yang dicetak oleh Basile Onambele menit ke-11 membuat tim tamu memimpin sementara dengan skor 1-0.

Ketinggalan 0-1 membuat Deltras berusaha meningkatkan kualitas serangannya. Di menit ke-28, Hermawan sebenarnya berhasil menjebol gawang PSIS. Namun gol itu dianggap tidak sah karena wasit Oleh Hadi menganggapnya lebih dulu berada pada posisi offside.

Deltras kembali meningkatkan gempuran ke jantung pertahanan tim tamu. Hasilnya, pada menit ke-31, gelandang Deltras, Junior berhasil menjebol gawang PSIS lewat tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Berhasil menyamakan kedudukan, Deltras semakin bersemangat dan sukses menjaringkan gol keduanya ke gawang PSIS lewat kaki M Kusen di menit ke-34. Memanfaatkan kecerobohan pemain belakang PSIS, Kusen sukses mengelabui kiper PSIS, Basuki dengan sontekan kaki kanan ke sisi kanan gawang.

Di babak kedua, pertandingan berjalan seru. Kedua tim terlibat permainan terbuka dan mampu menciptakan sederet peluang. Bahkan tim tamu PSIS berhasil mendapat peluang emas saat pertarungan babak kedua baru berjalan 2 menit.

Pemain asal Brasil Antonio Teles mendapat kesempatan untuk mengeksekusi bola mati dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan kerasnya yang mengarah ke sudut kanan  gawang Deltras masih mampu ditepis oleh Syaifudin.
 
Deltras juga berhasil menciptakan peluang lewat aksi Danilo Fernando,Teles dan Dede Hugo. Namun hingga babak kedua berakhir, The Lobster tak juga berhasil memperbesar keunggulannya. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai. 
 

Susunan Pemain
Deltras (4-4-2)
20-Syaifudin (g), 18-Firmansyah, 4-Bayu Sutha, 5-Purwaka Yudhi, 3-Hermawan, 2-M Kusen, 13-Juan Revi, 8-Junior (kk)/Bakrie Umarela,88-Danilo Fernando, 25-Boy Jati Asmara/22-Choirul Anam, 21-Dede Hugo
Deltras : M Zein Alhadad

PSIS Semarang (4-4-2)
12-Basuki Setyabudi, 3-Idrus Gunawan, 16-Deny Rumba, 19-Heri Susilo, 88-Anderson Leke, 8-Aulia Tri/39-Hendro Siswanto, 75-Azis Dwibi, 30-Basile Onambele (kk), 31-Fery Ariawan, 99-Antonio Teles 
Pelatih : Bambang Nurdiansyah