Tim Tamu Terganjal Recovery

Sumber :

VIVAnews - Seoul FC akan bertandang ke markas Sriwijaya FC, Stadion Jakabaring, Palembang, Selasa, 10 Maret 2009. Pada duel berlabel babak 32 besar Liga Champion Asia (LCA) 2009 itu, Seoul FC yang berada satu level di atas tuan rumah punya kendala recovery pemain-pemainnya.  

Seoul FC merupakan juara K League musim lalu. Tim asal Negeri Ginseng itu punya sederet amunisi terbaik. Mulai ujung tombak Dejan Damjanovic (Serbia) hingga sederet pemain timnas Korea Selatan yakni, Kin Chi Gon, Ki Sung Yuwen, Lee Chung Yong, dan Kim Seung Yong, serta striker Jung Jo-gook.

Di bangku pelatih bercokol Senol Gunes. Pelatih asal Turki itu sukses membawa timnya menempati urutan ketiga Piala Dunia 2002 lalu.

“Saya pernah membawa Turki sukses di Piala Dunia, tapi jelas berbeda di Seoul FC ini. Kami juga punya banyak stok pemain bagus. Jadi, kenapa tidak, kalau kami sekali lagi bisa mengukir prestasi menjuarai LCA tahun ini,” kata Gunnes kepada Rasyid Irfandi wartawan GOSport, Senin 9 Maret 2009.

Keunggulan lainnya adalah postur tubuh. Pemain Seoul FC rata-rata memiliki tinggi badan 175 cm. Kondisi ini masih ditopang dengan dan kemampuan serta skill individu yang bagus dari masing-masing pemain.

Tak hanya itu, koordinasi tim di lapangan juga mantap karena terbentuk di atmosfir liga yang tergolong sebagai kompetisi terbaik di kawasan Asia.

Meski demikian, Gunes tidak mau besar kepala. Pelatih berusia 56 tahun itu tetap mewaspadai kekuatan yang dimiliki calon lawannya, SFC.

“Tim yang berlaga di LCA adalah tim juara di masing-masing liga, begitu juga SFC. Mereka punya tiga pemain asing yang bagus, serta beberapa pemain lokal yang juga memperkuat timnas Indonesia. Mereka bagus dalam menyerang, teknik dan passing. Jadi, tentu bukanlah perkerjaan yang mudah meladeni SFC,” kata Gunnes.

Kapten tim Seoul FC, Kin Chin Gon senada dengan Gunes. Dia mengaku harus kerja keras di laga perdana saat memimpin teman-temannya menghadapai SFC.

“Saya dan rekan-rekan harus kerja keras. Ini bukanlah partai yang mudah. SFC tentu akan bermain sebaik mungkin di hadapan penontonnya sendiri,” ujar Gon.

Menghadapi Sriwijaya FC, Gunes memiliki masalah pada recovery pemain. Kondisi ini terjadi akibat mepetnya jadwal kedatangan mereka dengan jadwal pertandingan.

Seoul FC baru tiba di Palembang, Senin, 9 Maret 2009. Sedangkan Sabtu, 7 Maret lalu, timnya baru saja melakoni duel perdana di K League kontra Chunnam Dragon. Pertandingan itu dimenangkan Seoul FC dengan skor 6-1.   

“Perjalanan yang jauh dari Korea ke Jakarta, kemudian dilanjutkan ke Palembang, jelas menguras banyak stamina pemain kami. Apalagi, cuaca di Palembang saat ini sangat panas,” ujar Gunnes.

Prediksi Line Up
Seoul FC (4-4-2)
24-Ho Joan (g), 15-Jong Min, 20-Jin Kyu, 22-Chi Gon (c), 8-Adilson Santos; 27-Chung Yong, 17-Sung Yong, 14-Han Yoon, 26-Chi Woo; 9-Jo-Gook, 11-Dejan Damjanovic

Pelatih : Senol Gunes