Mushafry & Persiba Sementara Ungguli Persija

Sumber :

VIVAnews - Persija Jakarta untuk sementara tertinggal 0-1 dari tuan rumah Persiba Balikpapan. Gol tunggal striker Talaouhu Abdulmushafry membuat publik Balikpapan bersorak.

Leg kedua babak 16 besar Copa Indonesia 2008/2009 ini digelar di kandang Persiba, Stadion Persiba Balikpapan, Rabu sore, 11 Maret 2009. Dalam pertandingan yang disiarkan langsung oleh tvOne ini, Persija yang unggul 3-0 atas Persiba di leg 1 memilih untuk memperkuat barisan pertahanannya.

Robertino Pugliara yang di leg 1 menemani Greg Nwokolo di lini tengah diganti dengan pemain bertahan Pierre Njanka. Sayangnya, strategi ini tidak berjalan efektif.

Buktinya, sepanjang babak pertama gawang Persija yang dikawal Hendro Kartiko beberapa kali mendapat ancaman dari penyerang-penyerang tuan rumah Persiba Balikpapan yang dimotori oleh trio Gaston Castano, Adrian Trinidad dan Talaohu Abdulmushafry.

Ancaman pertama datang dari Trinidad di menit ke-10. Sayangnya, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih meluncur tipis di atas mistar gawang Macan Kemayoran.

Serangan Persiba baru membuahkan hasil pada menit ke-12. Striker Beruang Madu, Abdulmushafry, berhasil lolos dari jebakan off side setelah mendapat umpan dari Gaston Castano.

Dari jarak cukup dekat, striker timnas itu melancarkan tendangan keras yang tak mampu diantisipasi kiper Hendro Kartiko. Skor pun berubah menjadi 1-0.

Unggul 1-0 tak membuat Persiba puas. Semenit setelah berhasil menjebol gawang Persija, tuan rumah kembali menebar ancaman lewat Mushafry.

Pemain bernomor punggung 29 itu kembali berhasil melancarkan tembakan dari dalam kotak penalti setelah mendapat umpan dari Sony Kurniawan. Sayangnya, kali ini tendangan Mushafry terlalu lemah sehingga dengan mudah dipatahkan Hendro.

Persija sendiri bukan tanpa peluang. Gelandang serang Macan Kemayoran, Greg Nwokolo mendapat kesempatan emas di menit ke-26. Sayangnya, tandukannya memanfaatkan tendangan bebas Ismed Sofyan masih melenceng di sisi kiri gawang Persiba yang dijaga oleh I Made Wirawan.

Persiba kembali membalas serangan ini lewat aksi Mushafry tiga menit kemudian. Namun, lagi-lagi tendangan striker mungil itu terlalu lemah dan dengan mudah diantisipasi Hendro.

Persiba coba memanfaatkan sisa waktu babak pertama untuk menambah gol. Namun, hingga peluit tanda jeda ditiup wasit Suprihation, skor tak berubah 1-0 untuk Persiba. Untuk lolos ke babak 9 besar, Persiba masih butuh minimal dua gol lagi.