Pacquiao, Juara Dunia Tapi Punya Utang

Sumber :

VIVAnews - Juara pound to pound, Manny Pacquiao, belum bisa bernafas lega sekarang. Pasalnya, meski berhasil mengalahkan Oscar De La Hoya Desember 2008, kini ia terlilit utang US$ 80 ribu atau sekitar Rp 957 juta.

Ini adalah biaya pertandingan yang dijanjikan pihak Pacquiao untuk Konsul Tinju Dunia (WBC). Dan kini uang itu ditagih oleh Presiden WBC, Don Jose Sulaiman.

Namun, Sulaiman mengakui kalau ia tidak mengincar Pacquiao. Melainkan Atty Franklin “Jeng” Gacal, yang tak lain adalah pengacara petinju asal Filipina itu.

"Anda menawarkan uang yang kami terima untuk dua pertandingan dan harus dibayar secepatnya. Jumlah ini kecil dibanding jutaan dolar yang diterima pahlawan kita (Pacquiao) selama karirnya termasuk kejuaraan WBC," demikian disampaikan Sulaiman dalam suratnya yang ditujukan pada Jeng dan dilansir BoxingScene, Jumat 20 Maret 2009.

Menurut Sulaiman, Jeng menawarkan uang itu untuk pertandingan melawan Juan Manuel Marquez dan De La Hoya. Namun hingga Maret 2009, tak sepeser pun Jeng menyetor jumlah yang disetujui itu pada WBC.

Pihak WBC sudah coba menghubungi Jeng untuk menanyakan uang itu. Namun tak ada tanggapan positif. Akibatnya, kini selain diancam tuntutan hukum, Jeng juga harus bersiap ditagih secara paksa.

Tapi sekali lagi, Sulaiman menaruh hormat pada Pacquiao. Karena ia yakin kalau juara pound to pound itu tak mengerti duduk persoalannya. Sulaiman bahkan berani menuding kalau ada pihak-pihak yang sengaja menutupi hal ini dari sang Pacman.

"Saya sendiri yakin kalau Pacquiao juga tidak tahu soal ini. Karena kalau iya, maka ia sendiri yang akan membayarnya," kata Sulaiman.