NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

18 Kabupaten dan Kota di Jatim Zona Merah Corona, 20 Daerah Masih Aman

Senin, 30 Maret 2020 | 00:46 WIB
Oleh : Lis Yuliawati, Nur Faishal (Surabaya),
Foto :
  • VIVAnews/ Nur Faishal (Surabaya)
Peta persebaran Covid-19 di Jatim.

VIVAnews – Sebanyak 20 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur belum masuk zona merah virus Corona atau Covid-19 hingga Minggu sore, 29 Maret 2020. Sisanya, 18 kabupaten/kota sudah masuk kategori zona merah karena terdapat warganya yang terpapar Corona. 

Upaya meminimalisasi persebaran diperlukan mengingat terus meningkatnya angka positif Corona, pasien dalam pengawasan (PDP), maupun orang dalam pemantauan (ODP) di Jatim. "Per jam 16.00 WIB hari ini, yang terkonfirmasi positif ada 90 orang di Jatim," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu malam, 29 Maret 2020.

Ke-90 orang positif Corona itu tersebar di Kota Surabaya 41 orang, Malang Raya (kabupaten dan kota) dan Magetan masing-masing 9 orang, Situbondo 4 orang, Lumajang 3 orang, Gresik dan Jember masing-masing 2 orang, dan 1 orang masing-masing dari Kota Batu, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Tulungagung, Banyuwangi, Jombang, dan Pamekasan

Dari data itu, terdapat empat daerah yang semula berstatus zona kuning kini menjadi merah, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Tulungagung, Pamekasan, dan Jombang. Kini tersisa 20 kabupaten/kota di Jatim yang belum satu pun warganya terpapar Corona. Bahkan, di Sumenep dan Sampang sampai kini masih berstatus zona hijau. Artinya, belum ada satu pun warganya yang PDP, hanya ODP saja.

Terkait dengan angka PDP dan ODP, Khofifah menjelaskan, jumlah PDP bertambah menjadi 336 orang. Tambahan melonjak hingga lebih dari 500 orang ialah pada ODP. Saat ini, jumlah ODP di Jatim sebanyak 5.071 orang. 

"Dari peta ini kita bisa melihat betapa penyebran Covid-19 di Jatim harus mendapatkan kewaspadaan," ujar Khofifah. 


 

Topik Terkait
Terbaru