Transaksi Pameran Kerajinan Rp 20 Miliar

Sumber :

VIVAnews - Pameran gelar produk kerajinan Indonesia bertajuk Bangga Kriya Kreatif Indonesia diharapkan mampu meraup transaksi sebesar Rp 18 miliar - Rp 20 miliar pada penutupan pameran, Minggu malam, 22 Maret 2009. 

Hingga siang kemarin, transaksi penjualan telah mencapai Rp 17 miliar dengan jumlah pengunjung 34 ribu orang.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pameran Bangga Kriya Kreatif Indonesia Fauzi Aziz pada seremoni penutupan pameran di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta. "Angka penjualan masih bisa bertambah hingga penutupan jam 20.00," kata Fauzi. 

Dia menambahkan, produk yang banyak diminati pengunjung antara lain batik, kulit, dan furniture.  

Penutupan dihadiri Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menteri Dalam Negeri Mardiyanto, serta Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Suryadharma Ali. 

Beberapa pejabat lain yang turut hadir adalah Sekretaris Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara Said Didu dan Gubernur Batam Ismet Abdullah.

Panitia mengumumkan pemenang stand terbaik berdasar pilihan Dewan Juri. Stand terbaik yang menempati posisi pertama diraih oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, kedua Propinsi Jambi, dan ketiga Propinsi Jawa Timur. 

Penghargaan juga diberikan kepada tokoh batik Iwan Tirta dan Iman Taufik atas dedikasinya untuk memperluas pasaran batik Cirebon dan membina pengrajin batik Cirebon. "Penghargaan diberikan secara langsung oleh Ketua Dekranas Mufida Jusuf Kalla," tuturnya.

Ketua dewan juri Wagiyono Sunarto menambahkan, pihaknya juga menetapkan tikar motif rabun 13 dari Kepulauan Riau sebagai produk terinovatif versi Dewan Kerajinan Nasional Kreasi Cipta Griya Indonesia. 

Departemen Perdagangan juga turut memberi penghargaan Prima Kriyatama untuk 10 produk berpotensi ekspor. Produk tersebut antara lain syal serat nanas dan sutra, kain batik gaya crotten Indonesia-DKI Jakarta, serta dining assesoris dari Alun-alun Indonesia-DKI Jakarta. Begitu pula dengan bros liontin capung dari H Liana-Nusa Tenggara Barat, dan tas batok nyamukan dari Keni Craft-Jawa Timur.

"Penghargaan bagi 10 pemenang diberikan oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan sejumlah menteri lainnya," kata Wagiyono.
 
Pada pembukaan pameran, Rabu 18 Maret 2009, Fauzi mengungkapkan, Dekranas telah memilih Duta Kain, yakni Menteri Usaha Kecil Menengah Mardiyanto, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, serta artis kenamaan Ari Lasso dan Krisdayanti.