Pertamina Siap Hadang Ekspansi Total

Sumber :

VIVAnews - PT Pertamina siap menghadang ekspansi Total Oil dalam pertarungan di bisnis hilir, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Mereka siap berebut pasar empuk bahan bakar minyak (BBM) non subsidi yang terus berkembang di Indonesia.

"Kami siap berkompetisi dengan Total," ujar Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero), Anang Rizkani Noor kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 23 Maret 2009. "Bahkan, kami sudah mempersiapkan diri sejak 2005."

Pada Senin ini, 23 Maret 2009, PT Total Oil Indonesia akan memperluas ekspansinya di Indonesia dengan membuka SPBU kedua di Jakarta, persisnya di Jl MT Haryono.

Ini adalah lanjutan dari pom bensin pertama di Jl. Daan Mogot, Jakarta. Total akan memasarkan bensin beroktan tinggi dengan nama Performance. Total juga akan memasarkan bahan bakar berbahan diesel.

Menurut Anang, Pertamina sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi masuknya pemain-pemain asing di bisnis distribusi BBM nonsubsidi. Bukan hanya menghadapi Total, Pertamina juga sudah berkompetisi dengan Shell dan Petronas. Bahkan, Shell sudah lebih dulu agresif merebut pasar di Indonesia.

"Kami sudah memiliki jaringan pom bensin Pertamina Pasti," kata Anang. Dia menekankan di jaringan SPBU tersebut, Pertamina memberikan layanan lebih bagi para pelanggan, selain menjual BBM nonsubsidi seperti Pertamax Plus dan Pertamax.

Dia menekankan saat ini, Pertamina sudah mendapat tempat di hati konsumen terkait penjualan produk BBM nonsubsidi. Buktinya, kata dia, Pertamina menguasai pangsa pasar hingga 70 persen untuk BBM berkualitas tinggi tersebut.