Myanmar Tempatkan Perwakilan untuk ASEAN

Sumber :

VIVAnews - Duta besar Myanmar (Burma) untuk Indonesia, U Nyan Lynn ditunjuk sebagai perwakilan permanen Burma untuk Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Dokumen penunjukan U Nyan Lynn ini diterima Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Senin 23 Maret 2009.

Surin menyatakan penunjukan U Nyan Lynn ini akan membantu proses integrasi ASEAN. "Masuknya U Nyan Lynn ke dalam Komisi Perwakilan Permanen (CPR) akan memperlancar kerja sama dan komunikasi antara Burma dengan Dewan Komunitas ASEAN, Badan Kementerian ASEAN, Sekretariat Nasional ASEAN, dan Sekretariat ASEAN," ujar Surin dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews.

Sebelum Burma, Surin telah menerima perwakilan permanen dari Singapura, Vietnam, Laos, Filipina, dan Kamboja. Negara-negara anggota ASEAN lainnya diharapkan menunjuk perwakilan mereka untuk CPR. Mekanisme ini diharapkan mempercepat upaya integrasi kawasan Asia Tenggara.

Pekan lalu, Denmark juga telah menunjuk duta besar untuk ASEAN, yaitu duta besar Denmark untuk Indonesia, Børge Petersen. Selama ini, ASEAN dan Denmark telah bekerja sama menangani kejahatan transnasional dan pembangunan kapasitas.

Uni Eropa sendiri telah menyatakan bahwa 27 negara anggotanya akan menunjuk duta besar untuk ASEAN. Sejauh ini, Belgia, Republik Ceko, Finlandia, Prancis, Jerman, Britania Raya, dan Komisi Eropa telah menetapkan duta besar bagi ASEAN.