Penamaan Pulau-pulau Kecil di Indonesia

Sumber :

VIVAnews - Negeri kita ini memiliki ribuan pulau kecil yang tidak ditinggali oleh manusia dan tidak memiliki nama. Pada bulan Februari 2009 lalu, masih ada ribuan pulau yang tidak memiliki nama.

Tapi sekarang, pulau-pulau tersebut sudah memiliki nama. Departemen Kelautan dan Perikanan mengatakan hingga Maret 2009 ini telah memberi nama terhadap 13.366 pulau yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Target kami, tahun ini penamaan dan verifikasi pulau-pulau di Indonesia tuntas," kata Alex SW Retraubun, Direktur Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil Ditjen Pesisir Pulau-pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan.

Ia juga mengatakan, survei dan pemberian nama terhadap pulau-pulau di Indonesia dilakukan sejak 2005 lalu. Dan dari sekian banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di Indonesia, hanya sedikit yang berpenghuni dan secara umum tidak memiliki fasilitas baik.

Penamaan pulau tersebut juga dalam rangka menjaga nama Indonesia yang terkenal sebagai negara kepulauan. Pada Konferensi PBB tentang Standardisasi Nama Geografi (UNCSGN) di Montreal, Kanada, tahun 1987, Indonesia diharuskan untuk segera membakukan nama pulau-pulau kecil yang dimilikinya.

"Laporan Nasional Indonesia tentang kepulauan harus memuat kegiatan pembakuan nama-nama pulau, bukan hanya jumlahnya," kata Alex.