BLI Batalkan Seluruh Pertandingan di Kaltim

Sumber :

VIVAnews - Badan Liga Indonesia (BLI) akhirnya menunda pertandingan kandang Persiba Balikpapan dan PKT Bontang yang sejatinya bergulir 28 Maret dan 1 April 2009. Keputusan ini ditempuh karena panitia pelaksana kesulitan mendapatkan izin pertandingan dari kepolisian setempat.

Setidaknya ada empat pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) yang akan digelar dalam dua hari itu. Pada 28 Maret, Persiba akan menjamu Arema Malang, sedangkan PKT Bontang menjamu Persik Kediri. Tiga hari kemudian, giliran Persiba menjamu Persik dan PKT ditantang Arema.

Menurut Direktur Bidang Kompetisi BLI, Joko Driyono, seluruh pertandingan itu telah dibatalkan. Pasalnya, pihaknya telah mendapat surat dari masing-masing klub yang menyatakan tidak mendapat izin dari kepolisian setempat.

Joko sendiri tidak menampik kabar yang menyatakan kalau Persiba akhirnya telah mendapat izin dari Polda Kaltim. Namun karena sudah terla njur dibatalkan, maka BLI tidak akan meralat keputusannya.

"Kami sudah mendapat surat pembatalan dari klub. Kami juga sudah menginformasikannya kepada klub lawan. Kalau diubah lagi akan membingungkan tim tamu," kata Joko saat dihubungi VIVAnews, Rabu 25 Maret 2009.

Dibatalkannya empat pertandingan di Kaltim ini semakin menambah panjang daftar pertandingan yang terkendala akibat izin kepolisian. Sebelumnya, Kepolisian Daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah telah lebih dahulu menempuh langkah yang sama. Larangan perizinan pertandingan LSI merembet ke Kaltim.

Alasannya, untuk menghindari kerusuhan selama masa kampanye pemilu legislatif yang bergulir sejak 16 Maret-4 April 2009. Daerah yang masih diberi kebebasan untuk menjalankan pertandingan adalah Papua dan Sumatera.

Izin Persiba dari Polda

Persiba akhirnya mendapatkan izin dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur untuk menggelar pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009. Masing-masing saat menjamu Arema Malang, 28 Maret dan Persik Kediri, 1 April 2009.

Izin ini didapat setelah pengurus Tim Beruang Madu bertemu langsung dengan Kapolda Kaltim dan Kapolresta Balikpapan, Selasa 24 Maret 2009.

Sayangnya, langkah ini sudah terlambat. Karena BLI telah membatalkan seluruh pertandingan yang digelar di Kaltim.
Informasi ini sudah sempat disampaikan kepada Arema Malang dan Persik Kediri yang akan bertandang ke Kaltim.