Minuman Isotonik, Perlukah?

Sumber :

Tanya:
Saya rutin melakukan latihan senam aerobik 5 kali seminggu, masing-masing selama 2 jam.  Setelah latihan, saya selalu merasa lemas, seakan tidak ada lagi energi yang tertinggal. Seorang teman  menganjurkan agar saya mengonsumsi minuman isotonik atau sports drink (minuman olahraga) seusai latihan. Betulkah minuman itu bermanfaat?

hinxx@gmail.com

Jawab:
Memang, bila setelah latihan Anda segera minum minuman isotonik atau sports drink, perasaan Anda lebih segar.  Tetapi, esoknya mungkin Anda akan mengalami masalah yang sama.  Sebab, permasalahannya ada pada pengaturan makan (dan minum) serta seberapa berat porsi olahraga Anda.

Ada baiknya Anda meninjau kembali pengaturan makan Anda selama satu hari, supaya tidak kehabisan energi setelah berlatih olahraga. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri sarapan pagi. Atau, jika Anda berolahraga di siang hari, 3 jam sebelumnya Anda sudah makan siang. Menjelang waktu latihan, boleh juga mengemil makanan ringan yang mengandung banyak hidrat arang, misalnya roti, kue, dan buah.

Masalah lain yang mungkin terjadi pada Anda adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi akan membuat seseorang cepat sekali merasa lelah. Minumlah air dalam jumlah banyak agar cairan urin Anda jernih dan tidak kuning. Selama melakukan latihan, Anda pun perlu minum yang cukup.

Dengan mengonsumsi minuman tersebut, manfaatnya dalam waktu pendek Anda dapat terhindar dari dehidrasi dan kekurangan energi yang berlebihan. Sedangkan dalam waktu lama, minuman ini dapat mengoptimalkan metabolisme energi, mencegah kerusakan jaringan akibat stres oksidatif dan dapat menambah vitamin serta mineral untuk menjaga kesehatan tubuh yang optimal.

Mengingat latihan Anda berlangsung lebih dari satu jam, maka mengonsumsi minuman isotonik dan minuman olahraga akan sangat bermanfaat. Kandungan hidrat arang di dalamnya dapat memberikan bahan bakar. Sodium serta potasiumnya dapat memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih enak setelah melakukan latihan.

Namun, bila olahraga yang Anda jalani ringan atau biasa-biasa saja, tetapi asupan gizi Anda cukup, disarankan tidak perlu mengonsumsi minuman tersebut. Sebaiknya lagi, Anda konsultasikan pula kepada instruktur atau pelatih Anda mengenai porsi olahraga yang Anda jalani.  Jangan-jangan, Anda berlatih terlalu berat sehingga cepat lemas.