Indonesia Harapkan Aksi Nyata dari G-20

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Indonesia berharap ada tindakan nyata dari hasil pertemuan tingkat tinggi negara anggota G-20 di London, Inggris pada awal April nanti.

"Kami harapkan ada langkah-langkah nyata," ujar Menteri Luar Negeri Hassan Wirayuda seusai bertemu dengan Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 25 Maret 2009.

Menurut dia, langkah nyata itu tidak hanya upaya menghentikan krisis dan resesi ekonomi global. Namun juga melakukan upaya penyembuhan dari krisis. "Itu memang proses yg makan waktu, tapi dimensinya amat luas." 

Dia mengakui memang ada negara yang pesimistis dengan pertemuan G-20. Menurut dia, krisis ekonomi global memang memiliki dimensi besar. Karena itu, penanganan dengan satu - dua pertemuan tidak akan cukup.

Bahkan, meskipun sudah ada rangkaian pertemuan tingkat menteri yang mencoba mencari solusi krisis juga masih belum cukup. "Tapi ini tergantung pada pandangan masing-masing."

Indonesia, menurut Hassan, akan hadir sebagai wakil negara berkembang. Di sini, perlu upaya mencari solusi perlu yang melibatkan negara berkembang khususnya tokoh-tokoh negara berkembang. "Indonesia bisa berbagi pengalaman di antara negara berkembang dalam menerima dampak krisis."